China dan India Sama-sama Tak Takut Perang, Konflik Makin Memanas

Senin, 22 Juni 2020 - 14:26 WIB
loading...
China dan India Sama-sama Tak Takut Perang, Konflik Makin Memanas
Konvoi Angkatan Darat India bergerak di sepanjang jalan raya menuju Ladakh, di Gagangeer di distrik Ganderbal, Kashmir, 18 Juni 2020. Foto/REUTERS/Danish Ismail
A A A
BEIJING - Pemerintah China melalui medianya menyatakan bahwa mereka tidak takut untuk berperang dengan India terkait sengketa wilayah di Himalaya. Sebaliknya, New Delhi juga berprinsip sama.

Beijing menyinggung konflik kedua pihak pada tahun 1962 yang diklaim telah mempecundangi New Delhi. Dalam sebuah artikel baru tadi malam (21/6/2020), surat kabar pemerintah Beijing; Global Times; memperingatkan bahwa New Delhi akan lebih dipermalukan dibanding konflik 1962 jika ingin meluncurkan konflik baru.

Tahun 1962 adalah referensi untuk perang besar pertama antara kedua negara yang terjadi karena sengketa tentang perbatasan Himalaya. Ketegangan saat ini juga di tempat yang sama.

"Pengamat militer China mengatakan bahwa konflik militer berskala besar yang meningkat yang melibatkan pasukan utama China, jika itu terjadi, akan berarti kekalahan persis seperti perang pada tahun 1962, dengan jumlah korban yang sangat tidak proporsional tidak menguntungkan India," tulis Global Times.

Perang tahun 1962 mengakibatkan lebih dari 2.000 orang. Di pihak India, 1.000 personel militer tewas dan lebih dari 3.000 orang lainnya ditangkap sebagai tawanan selama pertempuran selama sebulan. Sedangkan di pihak militer China kurang dari 800 tentara tewas.

"Dalam potensi serangan balik pertahanan diri, China akan mengamankan wilayahnya sendiri dan tidak akan mengklaim wilayah India setelah muncul sebagai pemenang, tetapi pertempuran itu akan sangat merugikan India sehingga posisi global dan ekonomi akan mundur ke dekade yang lalu," lanjut artikel Global Times.

Retorika perang yang disuarakan media ini muncul setelah perselisihan di sepanjang Lembah Galwan pekan lalu. Dalam bentrok tersebut, sebanyak 20 tentara India tewas. Sedangkan korban di pihak China masih menjadi rahasia, meski pihak New Delhi mengklaim korban di pihak Beijing lebih dari 40 orang. (Baca: Cerita 120 Tentara India Dikepung Pasukan China, Sebagian Dimutilasi )

Konfrontasi di Lembah Galwan—bagian dari wilayah Ladakh yang disengketakan di sepanjang perbatasan Himalaya—adalah yang paling mematikan di antara kedua negara dalam 45 tahun. India menyalahkan China karena memicu perkelahian dengan mengembangkan infrastruktur di lembah itu, yang katanya merupakan pelanggaran terhadap perjanjian tentang wilayah yang masih dalam sengketa.

Berbicara kepada rakyat India pekan lalu, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dia tidak akan berkompromi tentang integritas dan kedaulatan.

"India menginginkan perdamaian, tetapi jika dihasut, India dengan segala cara mampu memberikan tanggapan yang sesuai," katanya saat memperingatkan Beijing.

China dengan cepat membalas, yang mana Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan pasukan India yang bertanggung jawab atas tindakan provokatif di Lembah Galwan.

"Pihak India tidak boleh salah menilai situasi saat ini dan tidak boleh meremehkan tekad China untuk menjaga kedaulatan wilayah," katanya.

Konflik Nuklir

Seorang pakar mengatakan India kemungkinan akan beralih ke rival China karena ketegangan perbatasan terus meningkat. Menurut mereka, senjata nuklir dapat memainkan konflik tersebut. (Baca juga: China Bebaskan 10 Tentara India setelah Ditawan Tiga Hari )

Joe Siracusa dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University mengatakan perselisihan antara China dan India penting karena mereka semua memiliki senjata nuklir. "Partai Komunis (China) harus waspada karena Perdana Menteri India Narendra Modi tidak takut perang," katanya, seperti dikutip news.com.au, Senin (22/6/2020).

Siracusa mengatakan dia yakin India akan semakin beralih ke Jepang, Amerika Serikat, dan bahkan ke Australia ketika bentrokan berlanjut dengan China.

"Saya pikir karena tekanan yang dilakukan China terhadap India, dan perlu diingat di sini, orang-orang India bisa memberi pelajaran kepada orang China di sini," katanya. "Sementara itu, saya pikir China akan memberi banyak tekanan pada Pakistan untuk memberi banyak tekanan pada India."

Dia juga mengatakan ketegangan ini memiliki potensi untuk menjadi lebih dahsyat daripada perang tahun 1962.

“Pada tahun 1962, semua orang ini saling berperang, tetapi mereka tidak memiliki senjata nuklir. Saat ini, semua pemain di Asia Selatan memiliki senjata nuklir," katanya.

“Sebagai gantinya 10 atau 15 rudal ada hulu ledak, yang akan menyebabkan 'musim dingin nuklir' yang diprediksi Carl Sagan pada 1980-an. Mungkin ada semua jenis neraka yang harus dibayar untuk itu," paparnya.

"Apakah mereka akan menggunakan senjata nuklir untuk sengketa perbatasan? Bukan karena mereka ingin, tetapi karena itu mungkin meningkat atau tidak sengaja pindah ke area itu."

Beijing mengatakan Lembah Galwan—yang tertinggi di wilayah perbatasan Himalaya di mana pasukan Cina dan India terlibat dalam perkelahian mematikan minggu lalu—sepenuhnya jatuh di China. Ini adalah klaim terbaru yang berani untuk wilayah sengketa tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa Lembah Galwan terletak di sisi China dari Garis Kontrol Aktual di bagian barat perbatasan China-India.

Dia menyalahkan serangan oleh pasukan India di daerah itu dari awal Mei untuk bentrokan tengah malam pada hari Senin yang menewaskan 20 tentara India. China belum mengatakan apakah mereka menderita korban jiwa.

Bentrok pasukan kedua negara itu melibatkan pentungan, batu, dan baku tinju di wilayah dengan ketinggian 4.270 meter (14.000 kaki) di atas permukaan laut, tetapi tidak ada tembakan senjata api.

Para pejabat keamanan India mengatakan kematian para tentaranya disebabkan oleh cedera parah dan paparan suhu dingin.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India Anurag Srivastava mengulangi penegasannya pada hari Sabtu bahwa klaim China terhadap Lembah Galwan dilebih-lebihkan dan tidak dapat dipertahankan.

"Mereka tidak sesuai dengan posisi China sendiri di masa lalu. Pasukan India sepenuhnya akrab dengan penyelarasan LAC di semua sektor di wilayah perbatasan India-China, termasuk di Lembah Galwan. Mereka mematuhinya dengan cermat di sini, seperti yang mereka lakukan di tempat lain," kata Srivastava dalam sebuah pernyataan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2459 seconds (0.1#10.140)