China dan India Sama-sama Tak Takut Perang, Konflik Makin Memanas

Senin, 22 Juni 2020 - 14:26 WIB
loading...
A A A
China dengan cepat membalas, yang mana Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan pasukan India yang bertanggung jawab atas tindakan provokatif di Lembah Galwan.

"Pihak India tidak boleh salah menilai situasi saat ini dan tidak boleh meremehkan tekad China untuk menjaga kedaulatan wilayah," katanya.

Konflik Nuklir

Seorang pakar mengatakan India kemungkinan akan beralih ke rival China karena ketegangan perbatasan terus meningkat. Menurut mereka, senjata nuklir dapat memainkan konflik tersebut. (Baca juga: China Bebaskan 10 Tentara India setelah Ditawan Tiga Hari )

Joe Siracusa dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University mengatakan perselisihan antara China dan India penting karena mereka semua memiliki senjata nuklir. "Partai Komunis (China) harus waspada karena Perdana Menteri India Narendra Modi tidak takut perang," katanya, seperti dikutip news.com.au, Senin (22/6/2020).

Siracusa mengatakan dia yakin India akan semakin beralih ke Jepang, Amerika Serikat, dan bahkan ke Australia ketika bentrokan berlanjut dengan China.

"Saya pikir karena tekanan yang dilakukan China terhadap India, dan perlu diingat di sini, orang-orang India bisa memberi pelajaran kepada orang China di sini," katanya. "Sementara itu, saya pikir China akan memberi banyak tekanan pada Pakistan untuk memberi banyak tekanan pada India."

Dia juga mengatakan ketegangan ini memiliki potensi untuk menjadi lebih dahsyat daripada perang tahun 1962.

“Pada tahun 1962, semua orang ini saling berperang, tetapi mereka tidak memiliki senjata nuklir. Saat ini, semua pemain di Asia Selatan memiliki senjata nuklir," katanya.

“Sebagai gantinya 10 atau 15 rudal ada hulu ledak, yang akan menyebabkan 'musim dingin nuklir' yang diprediksi Carl Sagan pada 1980-an. Mungkin ada semua jenis neraka yang harus dibayar untuk itu," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)