Memanas, Rusia Mulai Kerahkan Rudal Nuklir ke Dekat Finlandia

Selasa, 17 Mei 2022 - 07:05 WIB
loading...
A A A
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan panggilan telepon bersama dengan para pemimpin Finlandia pada hari Jumat untuk mendukung aplikasi NATO mereka–meskipun Turki telah memperingatkan mungkin memveto langkah tersebut.

Swedia segera mengikutinya hanya dalam hitungan jam, dengan Partai Sosial Demokrat yang berkuasa juga mendukung upaya untuk bergabung dengan NATO.

Sekarang dalam pertunjukan persatuan yang menakjubkan, 15.000 tentara dari 14 negara NATO sedang melakukan latihan militer besar-besaran di Baltik.

Tentara Finlandia dan Swedia akan bergabung dalam latihan yang dijuluki "Siil" atau "Hedgehog", yang berlangsung hanya 40 mil dari pangkalan Rusia terdekat.

Meskipun latihan sudah direncanakan sebelumnya, waktunya tidak tepat.

Beberapa bulan yang lalu, negara-negara yang secara historis tidak memihak, Finlandia dan Swedia, menganggap bergabung dengan aliansi sebagai prospek yang jauh.

Tetapi invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong mereka untuk memikirkan kembali kebutuhan keamanan mereka dan mencari keselamatan dalam kelompok yang mereka pisahkan selama Perang Dingin yang panjang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)