Memanas, Rusia Mulai Kerahkan Rudal Nuklir ke Dekat Finlandia

Selasa, 17 Mei 2022 - 07:05 WIB
loading...
Memanas, Rusia Mulai Kerahkan Rudal Nuklir ke Dekat Finlandia
Unit rudal Iskander mobile yang mampu membawa hulu ledak nuklir mulai dikerahkan Rusia ke dekat wilayah Finlandia setelah Helsinki mengajukan keanggotaan NATO. Foto/Twitter @visegrad24
A A A
MOSKOW - Rusia telah memulai pengerahan rudal nuklir ke wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Finlandia . Langkah itu diambil setelah ketegangan memanas terkait keputusan Helsinki mengajukan keanggotaan di aliansi militer NATO .

Senjata Rusia yang bisa membawa hulu ledak nuklir itu adalah rudal Iskander mobile. Misil-misil itu terlihat sedang diangkut menuju garis pemisah kedua negara.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan Finlandia dan Swedia bahwa bergabung dengan aliansi Barat akan menjadi “kesalahan”. Namun, kedua negara Skandinavia itu mengabaikan omelannya.

Setelah ditanggapi dingin oleh dua negara yang sebelumnya terkenal netral, Putin terindikasi mengambil tindakan putus asa untuk menyelamatkan muka.



Moskow telah menjelaskan bahwa kedua negara itu akan menderita konsekuensi bergabung dengan NATO, dengan mengeklaim bahwa Rusia dapat memusnahkan Finlandia dalam sepuluh detik.

Putin sebelumnya mengulangi ancaman rudal hipersonik terselubung dalam panggilan telepon yang menegangkan dengan pemimpin Finlandia.

Sebuah rekaman dashcam menunjukkan armada rudal Iskander yang mematikan sedang dalam perjalanan ke Vyborg–hanya 24 mil dari perbatasan Finlandia–pada hari Senin (16/5/2022).

Komentar dalam rekaman video itu menyatakan, “unit militer baru akan segera dibentuk”.

Orang di belakang kamera menjelaskan: “Begitu presiden Finlandia mengatakan mereka bergabung dengan NATO, seluruh divisi Iskander, tujuh di antaranya bergerak menuju Vyborg."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)