Helikopter Serbu Modern China Terbang di Zona Udara Taiwan, Taipei Waspada

Rabu, 11 Mei 2022 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Menurut Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, yang dikutip dalam laporan itu, Z-10 memasuki ADIZ sebelumnya pada Selasa.

Sepasang helikopter perang anti-kapal selam Ka-28 Helix Angkatan Laut China juga terlihat terbang di wilayah barat daya ADIZ pada siang hari, setelah lepas landas dari satu atau lebih kapal perang China.

Namun, tidak diketahui apakah manuver mendadak WZ-10 dikoordinasikan dengan Ka-28 yang sebelumnya berada di sekitarnya.

Insiden itu membangkitkan minat para ahli di kawasan itu, terutama karena pesawat-pesawat China diketahui terbang dekat dengan garis tengah dan ke bagian selatan ADIZ Taiwan.

Tetapi perlu diketahui, ADIZ resmi Taiwan tidak hanya mencakup seluruh Selat Taiwan tetapi juga sebagian dari daratan China.

Menurut laporan itu, meskipun tidak sepenuhnya jelas dari mana helikopter itu beroperasi, rute penerbangan diduga menunjukkan helikopter itu terbang keluar dari heliport militer utama di Kabupaten Zhangpu, Provinsi Fujian.

Fasilitas tersebut masih dalam pembangunan pada tahun lalu, tetapi para ahli memperkirakan itu akan menjadi salah satu pangkalan helikopter terbesar di daerah tersebut.

Heliport, yang berjarak kurang dari beberapa kilometer dari tepi perairan, mulai dibangun pada 2019 dan dilaporkan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Terletak sekitar 240 km dari Taiwan, heliport itu memberikan posisi komando untuk operasi militer potensial yang diarahkan terhadap berbagai pulau yang dikuasai Taiwan di Selat, termasuk Kinmen dan Penghu, serta Kepulauan Dongsha, yang menempati posisi signifikan di utara ujung Laut China Selatan.

Yang menambah kekhasan dari insiden tersebut adalah fakta bahwa Z-10 adalah helikopter serang modern terkini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)