Helikopter Serbu Modern China Terbang di Zona Udara Taiwan, Taipei Waspada

Rabu, 11 Mei 2022 - 13:14 WIB
loading...
Helikopter Serbu Modern China Terbang di Zona Udara Taiwan, Taipei Waspada
Helikopter serbu Z-10 China menjadi persenjataan terbaru yang sangat canggih. Foto/nationalinterest.org
A A A
TAIPEI - Untuk pertama kali, satu helikopter serbu Z-10 China tampaknya memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan dan melewati apa yang disebut "garis median".

Garis itu merupakan perbatasan tidak resmi yang membentang di sepanjang tengah Selat Taiwan. Manuver China itu dilaporkan War Zone pada Selasa (10/5/2022).

Melintasi garis median dilaporkan bukan kejadian biasa, dengan insiden terbaru yang melibatkan pesawat Tentara Pembebasan Rakyat terjadi pada 19 September 2020, menurut War Zone.



Acara tersebut, yang menampilkan campuran pesawat tempur J-16, J-10, dan J-11, berlangsung selama kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Keith Krach ke Taiwan.



Menurut laporan itu, helikopter serbu yang digunakan Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat dan Korps Lintas Udara Angkatan Udara, adalah pesawat China terbaru yang muncul di daerah tersebut.



Insiden itu menunjukkan semakin pentingnya kekuatan militer di Selat Taiwan.

Saat ini stasiun helikopter besar China yang diposisikan secara strategis untuk mendukung operasi masa depan di Selat Taiwan atau bahkan kemungkinan pencaplokan pulau itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, yang dikutip dalam laporan itu, Z-10 memasuki ADIZ sebelumnya pada Selasa.

Sepasang helikopter perang anti-kapal selam Ka-28 Helix Angkatan Laut China juga terlihat terbang di wilayah barat daya ADIZ pada siang hari, setelah lepas landas dari satu atau lebih kapal perang China.

Namun, tidak diketahui apakah manuver mendadak WZ-10 dikoordinasikan dengan Ka-28 yang sebelumnya berada di sekitarnya.

Insiden itu membangkitkan minat para ahli di kawasan itu, terutama karena pesawat-pesawat China diketahui terbang dekat dengan garis tengah dan ke bagian selatan ADIZ Taiwan.

Tetapi perlu diketahui, ADIZ resmi Taiwan tidak hanya mencakup seluruh Selat Taiwan tetapi juga sebagian dari daratan China.

Menurut laporan itu, meskipun tidak sepenuhnya jelas dari mana helikopter itu beroperasi, rute penerbangan diduga menunjukkan helikopter itu terbang keluar dari heliport militer utama di Kabupaten Zhangpu, Provinsi Fujian.

Fasilitas tersebut masih dalam pembangunan pada tahun lalu, tetapi para ahli memperkirakan itu akan menjadi salah satu pangkalan helikopter terbesar di daerah tersebut.

Heliport, yang berjarak kurang dari beberapa kilometer dari tepi perairan, mulai dibangun pada 2019 dan dilaporkan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Terletak sekitar 240 km dari Taiwan, heliport itu memberikan posisi komando untuk operasi militer potensial yang diarahkan terhadap berbagai pulau yang dikuasai Taiwan di Selat, termasuk Kinmen dan Penghu, serta Kepulauan Dongsha, yang menempati posisi signifikan di utara ujung Laut China Selatan.

Yang menambah kekhasan dari insiden tersebut adalah fakta bahwa Z-10 adalah helikopter serang modern terkini.

Helikopter itu menggunakan tata letak kru tandem dua kursi klasik yang umum pada rotorcraft Barat sebagai helikopter serang canggih.

Z-10 diperkenalkan ke Army Aviation pada 2010 dan dilaporkan dilengkapi delapan peluru kendali anti-tank KD-9 atau KD-10, serta meriam rantai 23mm dan pod roket.

Rudal udara-ke-udara PL-90 dan tangki bahan bakar tambahan untuk meningkatkan jangkauan juga merupakan keunggulannya.

Sensor inframerah dan TV yang mengarah ke depan, pengintai dan penunjuk laser, dan suite pertahanan diri lengkap, semuanya ditempatkan di hidung helikopter.

Selat Taiwan tetap menjadi sumber ketegangan yang penting, dengan para pejabat AS secara terbuka mendiskusikan dugaan ancaman yang disajikan oleh tujuan strategis China di wilayah Asia Pasifik yang lebih luas.

Pejabat militer dan intelijen AS telah mengatakan kepada anggota parlemen pada beberapa kesempatan bahwa risiko China memutuskan meluncurkan operasi militer untuk merebut kembali Taiwan tetap sangat tinggi di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, tetapi seperti yang dikatakan pejabat tinggi intelijen kepada Kongres pada Selasa, Beijing diduga belajar dari Rusia dalam operasi militer khusus saat ini di Ukraina.

Dengan Taiwan yang secara resmi ditetapkan sebagai provinsi nakal oleh China, rencana untuk merebut kembali kedaulatan atas pulau itu diketahui secara luas.

China baru-baru ini meningkatkan aksi laut dan udaranya di Selat Taiwan, sementara Taiwan telah bekerja untuk memperkuat pertahanannya, terutama dalam persiapan untuk serangan amfibi.

Militer AS juga telah meningkatkan kehadirannya di dalam dan sekitar Selat Taiwan, menyebabkan kecaman dari Beijing.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)