3 Teori Penemu Amerika Sebelum Columbus, dari Bangsa Viking hingga Cheng Ho

Jum'at, 06 Mei 2022 - 17:52 WIB
loading...
A A A
Dalam hal ini, para arkeolog telah menemukan bukti kisah ekspedisi bangsa Viking tersebut. Salah satu penemuannya adalah artefak asal Viking yang berasal dari sekitar tahun 1000 M. Selain itu, pada 1964, Presiden Lyndon Johnson menandatangani pernyataan yang menyatakan 9 Oktober sebagai hari Leif Eriksson untuk menghormati para penjelajah Viking, krunya, serta peninggalan Nordik-Amerika di negara tersebut.

2. St. Brendan

Selain bangsa Viking yang dipimpin Leif Eriksson, ada juga teori tentang St. Brendan yang lebih dahulu menemukan Amerika dibanding Columbus. Dia adalah seorang biarawan asal Irlandia yang lahir pada tahun 484.

Dikutip dari Irish Central, Brendan memiliki daya tarik terhadap bidang navigasi dan dalam sebuah catatan dikatakan bahwa dia pernah menjelajah di Samudra Atlantik. Sebuah buku berjudul The Brendan Voyage menceritakan perjalanan Brendan bersama sekelompok biarawan ke tanah yang jauh di seberang lautan.



Tentu saja apabila hal tersebut memang terbukti, maka Brendan telah mencapai Amerika sekitar 1000 tahun sebelum Columbus dan empat ratus tahun sebelum bangsa Viking.

3. Cheng Ho

Teori lainnya ada juga pendapat yang mengatakan penemu pertama Amerika sebelum Columbus adalah Cheng Ho. Cheng Ho atau biasa dikenal Zheng He merupakan seorang penjelajah Tiongkok yang namanya cukup dikenal.

Dikutip dari situs NPR, teori ini muncul dari kelompok sejarawan yang dipimpin Gavin Menzies yang mengatakan seorang penjelajah muslim China dari Dinasri Ming menemukan Amerika 71 tahun lebih dulu sebelum Columbus.

Dalam bukunya yang berjudul ‘1421: The Year China Found America, Menzies menegaskan pelayaran Cheng Ho ke Pantai Timur Amerika Serikat dan mungkin telah mendirikan pemukiman di Amerika Selatan. Dasar teori yang yang digunakan adalah bukti bangkai kapal tua, peta China dan Eropa, hingga catatan yang ditulis navigator saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)