5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Ada yang Hasilkan 10 Juta Karat Per Tahun!

Sabtu, 23 April 2022 - 19:17 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Ada yang Hasilkan 10 Juta Karat Per Tahun!
Negara penghasil berlian terbesar di dunia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu apa saja negara penghasil berlian terbesar di dunia?

Sejumlah negara telah memimpin dunia dalam produksi berlian berkualitas permata selama lebih dari satu dekade. Negara penghasil berlian terbesar di dunia secara konsisten memproduksi lebih dari satu juta karat per tahun. Dilansir dari Geology.com, berikut negara penghasil berlian terbesar di dunia



1. Rusia

Rusia merupakan negara penghasil berlian terbesar di dunia. Berlian telah ditemukan di Rusia sejak abad ke-18. Produksi signifikan pertama terjadi pada tahun 1957 dari pipa kimberlite Mir dan placer yang berdekatan. Sejak itu, banyak pipa intan dan endapan aluvial telah ditemukan. Sebagian besar produksi berlian Rusia hingga saat ini berasal dari tambang terbuka di pipa Mir dan Udachnaya di Republik Siberia Sakha.

Saat ini, Rusia adalah produsen berlian berkualitas permata terkemuka di dunia berdasarkan berat karat dan telah memegang posisi itu selama lebih dari satu dekade.
Botswana adalah satu-satunya negara yang memiliki nilai produksi lebih tinggi - terutama karena produksinya mencakup sebagian besar berlian besar dan berkualitas tinggi.

ALROSA, grup perusahaan tambang berlian Rusia, memproduksi hampir semua berlian yang ditambang di negara tersebut. ALROSA menilai dan menjual berlian kasarnya ke sejumlah produsen berlian yang dipoles, sebagian besar berlokasi di Rusia, Belgia, India, Israel, Hong Kong, dan Cina. Sebagian besar penjualan dilakukan melalui perjanjian pasokan jangka panjang, tetapi perusahaan juga terlibat dalam penjualan satu kali dan sedang mengembangkan metode untuk menjual secara online.

Kontrol utama ALROSA ada di tangan lembaga pemerintah Rusia. Badan Federasi Rusia untuk Pengelolaan Barang Milik Negara memiliki sekitar 44%; Kementerian Properti dan Hubungan Tanah Republik Sakha memiliki sekitar 25%; dan administrasi distrik kotamadya Republik Sakha memiliki sekitar 8%. Sisanya sekitar 23% dimiliki oleh perorangan dan badan hukum.



2. Botswana
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)