Ingin Akhiri Perang di Ukraina, Sekjen PBB Ajak Putin dan Zelensky Bertemu

Kamis, 21 April 2022 - 03:18 WIB
loading...
A A A
Ia mengatakan jeda empat hari akan memungkinkan perjalanan yang aman bagi warga sipil yang bersedia meninggalkan daerah konflik, dan pengiriman bantuan kemanusiaan mendesak yang aman kepada orang-orang di daerah yang paling parah terkena dampak di Mariupol, Kherson, Donetsk dan Luhansk.

“Selama minggu ini – yang menandai penyelarasan kalender yang langka dari tiga hari raya keagamaan paling suci yaitu Paskah Kristen Ortodoks, Paskah Yahudi dan bulan suci Ramadhan – inilah saatnya untuk fokus pada kepentingan yang menyatu dan mengesampingkan perbedaan kita,” kata Awad.

Korban terus meningkat dalam perang di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari. Ada 5.121 korban sipil di negara itu pada Selasa, termasuk 2.224 kematian, menurut pembaruan terbaru dari kantor hak asasi manusia PBB, OHCR.



Seperti yang dinyatakan oleh Awad: “Hilangnya nyawa dan trauma parah yang disebabkan oleh serangan terhadap rumah sakit, sekolah, dan tempat-tempat pengungsian benar-benar mengejutkan, seperti juga kehancuran infrastruktur sipil yang penting di negara ini.”

Konflik Ukraina telah menghasilkan perpindahan penduduk terbesar dan tercepat dalam beberapa tahun terakhir.

Sekitar 12 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, dengan lebih dari lima juta melintasi perbatasan ke negara-negara tetangga dan sekitarnya.

Banyak dari mereka yang tertinggal tidak memiliki akses ke air atau listrik, sementara 12 juta lainnya terkena dampak kesulitan ekonomi dan penurunan layanan.

Di Ukraina timur, sekitar 1,4 juta orang tidak memiliki akses ke air mengalir, termasuk di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. Jutaan lainnya hanya memiliki akses terbatas ke air dan listrik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)