Klaim Biden Soal Genosida di Ukraina Bikin Pening Intelijen AS

Minggu, 17 April 2022 - 06:01 WIB
loading...
Klaim Biden Soal Genosida di Ukraina Bikin Pening Intelijen AS
Tentara berjalan melintasi tank dan kendaraan lapis baja Rusia yang hancur di Bucha, Kiev, Ukraina, 2 April 2022. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Tuduhan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang dibuat awal pekan ini bahwa Moskow melakukan "genosida" di Ukraina menimbulkan kekhawatiran para pejabat Gedung Putih dan belum dikonfirmasi badan-badan intelijen AS.

Kekhawatiran itu dilaporkan NBC News pada Jumat (17/4/2022), mengutip pejabat senior pemerintah.

“Klaim genosida sejauh ini belum dikuatkan oleh informasi yang dikumpulkan badan-badan intelijen AS," papar laporan itu, dilansir RT.com.



Outlet berita itu mengutip dua pejabat Departemen Luar Negeri (Deplu) AS yang mengatakan pernyataan Biden “membuat badan tersebut lebih sulit melakukan tugasnya secara kredibel,” karena terserah departemen untuk secara resmi menentukan genosida dan kejahatan perang lainnya.



"Genosida termasuk tujuan menghancurkan kelompok etnis atau bangsa dan, sejauh ini, bukan itu yang kita lihat," papar seorang pejabat intelijen AS.



Pada saat yang sama, NBC menambahkan, komunitas intelijen khawatir bahwa tindakan Rusia “bisa menjadi genosida” di masa depan.

Pada Selasa, selama pidato kebijakan domestik di Iowa, Biden menuduh Moskow “berusaha menghapus gagasan bahkan menjadi orang Ukraina.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)