Himpun Kekuatan, Armada Kapal Perang NATO Kumpul di Laut Baltik

Minggu, 17 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
Himpun Kekuatan, Armada Kapal Perang NATO Kumpul di Laut Baltik
Kapal fregat Kanada HMCS Halifax (FFH 330) berkumpul di Laut Baltik. Foto/seaforces.org
A A A
TALLINN - Sekelompok kapal perang NATO milik Standing NATO Maritime Group 1 (SNMG1) dan Standing NATO Mine Countermeasures Group 1 (SNMCMG1) mulai tiba di Laut Baltik untuk mengambil bagian dalam latihan bersama.

Beberapa kapal perang itu telah berada di pelabuhan di Tallinn, Estonia, menurut siaran pers NATO yang diterbitkan pada Kamis (14/4/2022).

SNMG1 terdiri dari kapal induk dari Belanda, Denmark, Jerman dan Inggris, sedangkan SNMCMG1 terdiri dari armada kapal penyapu ranjau Norwegia, Belgia, Jerman, Estonia, Inggris dan Belanda.



Blok itu mengumumkan langkah tersebut pada Senin, dengan mengatakan, “NATO secara teratur mengerahkan pasukan maritim di Laut Baltik untuk mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel dan mampu sesuai dengan kewajiban perjanjian.”



Ini adalah dua dari total empat kelompok tugas yang terdiri dari kapal-kapal dari berbagai negara sekutu yang terus-menerus tersedia bagi NATO untuk melakukan tugas yang berbeda mulai dari partisipasi dalam latihan hingga misi operasional.



Empat kapal dari kelompok SNMG1 tiba di Pelabuhan Tallinn pada Kamis, di mana mereka bergabung dengan kapal fregat Kanada HMCS Halifax (FFH 330).

“Saya sangat senang menyambut tim SNMG1 di Tallinn,” ungkap Komodor Juri Saska, komandan Angkatan Laut Estonia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)