Rusia Peringatkan AS Konsekuensi Terus Kirim Senjata ke Ukraina

Jum'at, 15 April 2022 - 22:16 WIB
loading...
Rusia Peringatkan AS Konsekuensi Terus Kirim Senjata ke Ukraina
Rusia memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO bahwa mungkin ada konsekuensi yang tidak dapat diprediksi jika mereka terus mengirim senjata sensitif ke Ukraina. Foto/Nikkei
A A A
WASHINGTON - Rusia memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO bahwa mungkin ada "konsekuensi yang tidak dapat diprediksi" jika mereka terus mengirim senjata "sensitif" ke Ukraina . Peringatan itu dikeluarkan saat Moskow bersiap untuk meluncurkan serangan darat besar-besaran di Ukraina timur, sebuah laporan mengatakan Jumat.

Sebelumnya Pemerintahan Joe Biden mengumumkan bahwa bantuan keamanan senilai USD800 juta atau sekitar Rp11,4 triliun akan dikirim ke Ukraina, termasuk artileri, drone pertahanan pesisir, kendaraan lapis baja anti-pesawat dan anti-tank, dan helikopter Mi-17.

Sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan sistem pertahanan yang disetujui oleh AS mencerminkan jenis pertempuran yang diperkirakan akan dihadapi Ukraina karena Rusia berfokus pada Ukraina timur.



Pengumuman itu muncul satu bulan setelah Presiden Joe Biden menyetujui paket senjata terpisah senilai USD800 juta untuk Kiev.

Tetapi Moskow mempermasalahkan sistem persenjataan canggih yang dikirimkan AS dan negara-negara NATO kepada Ukraina dan dalam memo diplomatik minggu ini.

Catatan diplomatik dari Moskow diketahui telah dikirim pada Selasa pekan ini. Memo itu berjudul: "Tentang kekhawatiran Rusia dalam konteks pasokan besar-besaran senjata dan peralatan militer ke rezim Kiev."



Memo itu ditulis dalam bahasa Rusia dengan terjemahan yang disediakan dan tiba di Departemen Luar Negeri AS melalui kedutaan AS Rusia.

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh Washington Post.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)