Berikan Paket Bantuan Rp11,4 T, Ini Daftar Senjata yang Dikirim AS ke Ukraina

Kamis, 14 April 2022 - 22:09 WIB
loading...
Berikan Paket Bantuan Rp11,4 T, Ini Daftar Senjata yang Dikirim AS ke Ukraina
AS berikan paket bantuan militer sebesar Rp11,4 triliun kepada Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengungkapkan akan memperluas jangkauan pengiriman senjata ke Ukraina dengan memasukkan artileri, kendaraan lapis baja dan helikopter. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengkreditkan senjata senilai USD2,6 miliar yang telah dia suplai ke Kiev sejak Februari guna mengalahkan apa yang dia sebut rencana Rusia untuk menaklukkan dan mengendalikan Ukraina.

“Pasokan senjata yang stabil yang diberikan Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya ke Ukraina sangat penting dalam mempertahankan perjuangannya melawan invasi Rusia," kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, setelah pembicaraan via teleponnya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ini telah membantu memastikan bahwa Putin gagal dalam perang awalnya yang bertujuan untuk menaklukkan dan mengendalikan Ukraina. Kami tidak bisa beristirahat sekarang," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (14/4/2022).



Biden mengatakan selain lebih banyak rudal anti-tank Javelin yang sangat efektif dan roket anti-pesawat Stinger, AS sekarang akan mengirim kemampuan baru yang disesuaikan dengan serangan yang lebih luas yang diharapkan akan diluncurkan oleh pasukan Rusia di Ukraina timur.

Pentagon pada Rabu sore memberikan beberapa perincian tentang bantuan baru, yang bernilai USD800 juta atau sekitar Rp11,4 triliun – sekitar USD50 juta lebih banyak dari perkiraan yang bocor ke media pada hari Selasa.

Selain 500 Javelin dan 300 drone kamikaze Switchblade, AS berencana untuk mengirim 18 meriam howitzer 155mm dan sekitar 40.000 butir amunisi, serta 10 radar kontra-artileri, dua radar pengawasan udara, 200 pengangkut personel lapis baja M113, 100 Mobil lapis baja Humvee, dan 11 helikopter Mi-17.

"Kami menyesuaikan daftar ini secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang mereka minta sehubungan dengan apa yang terjadi di Ukraina timur," kata juru bicara Pentagon John Kirby kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa AS akan mulai mengirim peralatan itu "segera."



Senjata lain yang terdaftar oleh Kirby termasuk 30.000 set pelindung tubuh dan helm; peralatan pelindung kimia, biologi dan nuklir; ranjau darat anti-personil; bahan peledak C-4; dan kapal tak berawak, yang digambarkan sebagai “kapal pertahanan pantai tak berawak.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)