Tak Ada Parade Militer, Korut Rayakan HUT Kim Il-sung dengan Dansa dan Kembang Api

Jum'at, 15 April 2022 - 19:28 WIB
loading...
A A A
Sedangkan Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) mengatakan tidak memiliki informasi segera untuk dibagikan kepada media tentang kemungkinan parade militer di Korea Utara.

Kim Jong-un adalah generasi ketiga dari keluarganya yang memerintah Korea Utara setelah ayahnya meninggal di akhir tahun 2011 lalu.

Kim Jong-un secara ambisius telah mendorong untuk memajukan persenjataan nuklirnya sambil secara bersamaan menghidupkan kembali ekonomi. Tetapi campuran kesulitan yang disebabkan oleh pandemi, sanksi yang dipimpin AS, dan salah urus ekonomi telah menyebabkan pukulan besar-besaran dalam apa yang menjadi momen terberat dalam dekade kekuasaannya.



Setelah serentetan uji coba rudal Korea Utara awal tahun ini, para pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara dapat segera meluncurkan provokasi baru seperti uji ICBM tambahan, peluncuran roket yang dilarang untuk menempatkan satelit mata-mata ke orbit, atau bahkan uji coba bom nuklir yang akan menjadi yang ketujuh dari jenisnya.

Sebelumnya AS menduga rezim Kim Jong-un akan menguji coba senjata nuklirnya pada hari ulang tahun (ultah) ke-110 pendiri Korea Utara (Korut) Kim Il-sung pada hari ini.

"Kami khawatir sehubungan dengan peringatan 15 April mendatang, DPRK mungkin tergoda untuk mengambil tindakan provokatif lainnya," kata Perwakilan Khusus AS untuk Kebijakan Korea Utara, Sung Kim kepada wartawan, merujuk pada peluncuran uji coba rudal balistik Korut baru-baru ini.

"Saya tidak ingin berspekulasi terlalu banyak, tapi saya pikir itu bisa menjadi peluncuran rudal lain, itu bisa menjadi uji coba nuklir," imbuhnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)