Tak Ada Parade Militer, Korut Rayakan HUT Kim Il-sung dengan Dansa dan Kembang Api

Jum'at, 15 April 2022 - 19:28 WIB
loading...
Tak Ada Parade Militer, Korut Rayakan HUT Kim Il-sung dengan Dansa dan Kembang Api
Warga mengunjungi Festival Cahaya untuk merayakan ulang tahun ke-110 mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-sung di Lapangan Kim Il-sung, Pyongyang pada 14 April 2022. Foto/The Globe and Mail
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menandai salah satu peringatan penting di negara itu pada hari ini, Jumat (15/4/2022), dengan seruan untuk tetap setia kepada Kim Jong-un . Tidak ada kabar tentang parade militer yang kerap dilakukan untuk menampilkan senjata baru di tengah meningkatnya permusuhan dengan Amerika Serikat (AS).

Peringatan 110 tahun mendiang kakek Kim Jong-un sekaligus pendiri Korut, Kim Il-sung, terjadi setelah negara itu melakukan serangkaian uji coba senjata dalam beberapa bulan terakhir, termasuk peluncuran rudal balistik antarbenua pertama sejak 2017.

Para ahli mengatakan Korut bertujuan untuk memperluas jangkauannya. persenjataannya dan meningkatkan tekanan pada AS di tengah diplomasi nuklir yang telah lama terhenti.



"Mari kita bekerja lebih keras dalam pengabdian kepada rekan kita yang terhormat Kim Jong-un dan di jalan itu akhirnya mewujudkan impian presiden kita yang hebat (Kim Il-sung) untuk membangun negara sosialis yang kuat," bunyi seruan di situs web milik negara Uriminzokkiri seperti dilansir dari Channel News Asia.

Surat kabar utama Korut, Rodong Sinmun, mengatakan negara itu menghormati Kim Il-sung sebagai presiden abadi di bawah kepemimpinan luar biasa dari kamerad Kim Jong-un.

Ulang tahun Kim Il-sung adalah hari libur nasional terpenting di Korut, di mana keluarga Kim telah memerintah di bawah kultus kepribadian yang kuat sejak negara itu didirikan pada tahun 1948.

Korut sering menandai peringatan penting negara dengan parade militer besar yang menampilkan rudal yang baru dibuat. Media pemerintah mengatakan ulang tahun Kim Il-sung dirayakan dengan kembang api, pesta dansa, dan pertunjukan, tetapi tidak menyebutkan parade militer.



NK News, outlet berita yang berfokus pada Korea Utara, mengatakan sumbernya di Pyongyang melaporkan mendengar jet dan helikopter terbang rendah di atas pusat kota tak lama setelah tengah malam Kamis kemarin sebuah indikasi kemungkinan bahwa parade militer malam hari sedang berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)