AS Duga Kim Jong-un Akan Tes Senjata Nuklir saat Ultah Pendiri Korut

Kamis, 07 April 2022 - 18:30 WIB
loading...
AS Duga Kim Jong-un Akan Tes Senjata Nuklir saat Ultah Pendiri Korut
Amerika Serikat menduga rezim Kim Jong-un akan menguji coba senjata nuklir pada hari ulang tahun pendiri Korea Utara. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menduga rezim Kim Jong-un akan menguji coba senjata nuklirnya pada hari ulang tahun (ultah) ke-110 pendiri Korea Utara (Korut) Kim Il-sung pada 15 April mendatang.

Sung Kim, Perwakilan Khusus AS untuk Kebijakan Korea Utara, mengatakan Pyongyang sejauh ini mengabaikan tawaran Amerika untuk melakukan perundingan.

Washington, lanjut Sung Kim, berpikir bahwa Pyongyang dapat merencanakan pertunjukan besar dari peningkatan kapasitas senjata nuklirnya pada liburan tahunan minggu depan, yang akan merayakan peringatan 110 tahun kelahiran Kim Il-sung.



Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un adalah generasi ketiga dari pendiri negara itu, yang berarti cucu dari Kim Il-sung.

"Kami khawatir sehubungan dengan peringatan 15 April mendatang, DPRK mungkin tergoda untuk mengambil tindakan provokatif lainnya," kata Sung Kim kepada wartawan, merujuk pada peluncuran uji coba rudal balistik Korea Utara baru-baru ini.

"Saya tidak ingin berspekulasi terlalu banyak, tapi saya pikir itu bisa menjadi peluncuran rudal lain, itu bisa menjadi uji coba nuklir," katanya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/4/2022).

Korea Utara telah menguji senjata nuklir beberapa kali mulai tahun 2006, dan uji coba terakhirnya adalah pada tahun 2017.

Sung Kim mengatakan Pyongyang terus mengabaikan tawaran Washington untuk melanjutkan perundingan tentang penghapusan semua senjata nuklir dari semenanjung Korea.

“Kami belum menerima tanggapan dari Pyongyang, yang sangat mengecewakan, karena kami telah mengirim beberapa pesan, baik publik maupun pribadi, mengundang mereka untuk berdialog tanpa syarat apa pun,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)