Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa, Puluhan Warga Palestina Terluka

Jum'at, 15 April 2022 - 16:12 WIB
loading...
A A A
Puluhan ribu warga Palestina diperkirakan akan berkumpul di Masjid al-Aqsa untuk salat Jumat. Protes dan bentrokan selama berminggu-minggu di Yerusalem selama Ramadhan tahun lalu akhirnya memicu perang 11 hari dengan kelompok militan Islam Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.



Israel telah mencabut pembatasan dan mengambil langkah lain untuk mencoba dan menenangkan ketegangan menjelang Ramadhan, yang tahun ini bertepatan dengan hari raya Paskah Yahudi dan pekan suci umat Kristen, yang membawa ribuan peziarah dan pengunjung lainnya ke Yerusalem. Tapi serangan dan serangan militer Israel telah menyebabkan gelombang kerusuhan lagi.

Awal pekan ini, Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza telah meminta warga Palestina untuk berkemah di masjid al-Aqsa selama akhir pekan. Orang-orang Palestina telah lama khawatir bahwa Israel berencana untuk mengambil alih situs suci itu atau membaginya.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka berkomitmen untuk mempertahankan status quo, tetapi dalam beberapa tahun terakhir kelompok nasionalis dan agama Yahudi telah mengunjungi situs dalam jumlah besar dengan pengawalan polisi.

Israel merebut Yerusalem timur, rumah bagi masjid Al-Aqsa dan situs suci utama lainnya, dalam perang 1967 dan mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Palestina ingin bagian timur kota itu menjadi Ibu Kota negara mereka yang merdeka di masa depan termasuk Tepi Barat dan Gaza, yang juga direbut Israel selama perang hampir 55 tahun lalu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)