Apa Itu Genosida dan Mengapa Begitu Sulit untuk Dibuktikan

Kamis, 14 April 2022 - 14:43 WIB
loading...
A A A
AS hanya membuat delapan keputusan resmi tentang genosida, menurut Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Keragu-raguan Amerika dalam menyebut kekejaman sebagai "genosida" berakar pada definisi hukum yang ketat dari istilah tersebut, yang ditulis setelah Holocaust pada tahun 1948.

Konvensi Genosida PBB mewajibkan negara-negara untuk campur tangan begitu genosida dipastikan akan berlangsung, dengan menyatakan, "Genosida, baik yang dilakukan di masa damai atau di masa perang, adalah kejahatan menurut hukum internasional yang mereka lakukan untuk mencegah dan menghukum."

Bagaimana genosida ditetapkan?

Pejabat administrasi Biden mengutip penetapan genosida di Myanmar, yang dibuat bulan lalu, sebagai contoh proses yang digunakan untuk memberikan label sebuah peristiwa.

AS membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk mengumpulkan bukti untuk sampai memutuskan bahwa penganiayaan Myanmar terhadap minoritas Rohingya merupakan genosida.

Pilihan lain bagi pemerintah dunia internasional adalah untuk mencari penuntutan atas dugaan genosida melalui Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), meskipun prosesnya panjang dan membuktikan genosida bisa jadi rumit.

“Perbedaan antara kejahatan terhadap kemanusiaan – yang merupakan kejahatan yang mengerikan – dan bagian dari kejahatan terhadap kemanusiaan yang kita sebut 'genosida' adalah kita harus menunjukkan bahwa pada dasarnya para pelaku dalam kasus ini ingin menghancurkan seluruh atau sebagian Orang Ukraina," kata Sadat kepada CNN.

"Dan itu standar yang sangat tinggi," lanjutnya. "Apakah itu harus menjadi standar yang tinggi adalah pertanyaan lain," ia menambahkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)