Koper Nuklir AS Nuclear Football dan Cara Meluncurkannya

Senin, 11 April 2022 - 22:39 WIB
loading...
Koper Nuklir AS Nuclear Football dan Cara Meluncurkannya
Para ajudan Presiden AS Joe Biden membawa koper nuklir menuju helikopter kepresidenan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Ke mana pun Presiden Amerika Serikat (AS) pergi, seorang ajudan militer berada hanya beberapa meter jaraknya, membawa tas kerja dengan kemampuan meluncurkan persenjataan nuklir.

“Football” nuklir Amerika, yang secara resmi dikenal sebagai Tas Darurat Kepresidenan, pertama kali digunakan setelah Krisis Rudal Kuba. Dapat dipahami bahwa Presiden John F Kennedy khawatir tentang keamanan di sekitar peluncuran senjata nuklir.

Pejabat keamanan AS membuat tas kerja yang akan memberi presiden sarana untuk dengan cepat menerima informasi dan mengizinkan serangan nuklir.



Tetapi, anggota parlemen AS dari Partai Demokrat meminta Presiden Joe Biden untuk menyerahkan kekuasaan sepihak itu.



Surat itu, yang dipimpin anggota DPR AS Jimmy Panetta dan Ted Lieu meminta para pejabat, seperti wakil presiden dan ketua DPR, untuk menyetujui perintah peluncuran sebelum dapat dikeluarkan.



Surat itu, yang dikirim ke Gedung Putih pada Februari, “Mengusulkan beberapa alternatif untuk menginvestasikan presiden dengan otoritas tunggal, tidak terkendali dan final untuk memerintahkan penggunaan senjata nuklir.”

The Football sebenarnya tidak memiliki tombol untuk meluncurkan perang nuklir. Sebaliknya, itu berisi serangkaian buku kode dengan perintah yang dapat dikomunikasikan ke Pentagon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)