AS Ingin Membuat Mesin Perang Rusia Kelaparan, Begini Caranya

Sabtu, 09 April 2022 - 01:34 WIB
loading...
A A A
"Saya pikir dampaknya akan langsung sama seperti dampak langsung terhadap ekonomi dari sanksi sebelumnya," kata Adeyemo.

Pejabat AS itu memperkirakan ekonomi Rusia menuju kontraksi 10 persen tahun ini dan inflasi mendekati 20 persen.

Dia menolak untuk mengatakan apakah daftar sanksi baru terhadap perusahaan milik negara Rusia yang diharapkan pada hari Kamis akan mencakup pemasok komponen untuk industri pertahanan.

Direktur Dewan Ekonomi Gedung Putih Brian Deese mengatakan pada hari Rabu bahwa paket sanksi terbaru pemerintahan Biden akan melarang transaksi dengan raksasa pertahanan negara Rusia United Aircraft Corp, pembuat jet tempur Sukhoi dan MiG, dan United Shipbuilding Corp.

Adeyemo mengatakan sektor pertahanan Rusia sejak 2014 telah mendirikan perusahaan terdepan untuk memperoleh pasokan dan bahan penting untuk membangun militer Moskow. Sejumlah perusahaan ini menjadi sasaran sanksi bulan lalu.

Menurut Adeyemo, sanksi keuangan telah memaksa Rusia untuk menghabiskan lebih banyak pendapatan energi mata uang keras untuk mempertahankan mata uang rubelnya, memakan dana yang tersedia untuk upaya perang.

Setelah kehilangan 45 persen nilainya terhadap dolar dalam dua minggu pertama invasi Ukraina, rubel Rusia telah naik tepat di bawah level sebelum perang, berkat kontrol modal oleh Moskow dan distorsi oleh bank sentral Rusia.

"Artinya Rusia memiliki lebih sedikit uang dan presiden terpaksa membuat pilihan antara menopang ekonomi dan berinvestasi dalam perang di Ukraina," kata Adeyemo.

Dia mengatakan pertemuannya pekan lalu dengan sekutu Eropa di London, Brussels, Paris dan Berlin membantu fokus pada langkah selanjutnya dan membantu mempercepat sanksi yang diumumkan pada Rabu.

Adeyemo menambahkan bahwa dia didorong oleh "pernyataan kuat" dari negara-negara Eropa tentang pengurangan ketergantungan mereka pada energi Rusia tetapi mengatakan benua itu berada dalam posisi yang berbeda dari Amerika Serikat, produsen minyak utama dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)