AS Ingin Membuat Mesin Perang Rusia Kelaparan, Begini Caranya

Sabtu, 09 April 2022 - 01:34 WIB
loading...
AS Ingin Membuat Mesin Perang Rusia Kelaparan, Begini Caranya
Rudal jelajah Rusia hantam fasilitas penyimpanan bahan bakar di Lviv, Ukraina. AS ingin membuat mesin perang Rusia kelaparan dengan cara meningkatkan sanksi. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana untuk membuat "mesin perang" Rusia kelaparan atau bahkan menghilangkannya. Caranya dengan meningkatkan sanksi yang membatasi sumber utama pendanaan untuk perang Moskow di Ukraina .

Rencana itu dipaparkan Wakil Menteri Keuangan AS Wally Adeyemo kepada Reuters,yang dilansir Jumat (8/4/2022).

"Amerika Serikat dan sekutunya memiliki lebih banyak yang kami bisa dan akan kami lakukan untuk menghukum Moskow jika Rusia gagal menghentikan invasinya," kata Adeyemo.

Para pemimpin Ukraina pada hari Kamis menyerukan dunia demokratis untuk berhenti membeli minyak dan gas Rusia, dan memotong bank-bank Rusia sepenuhnya dari sistem keuangan internasional.

Setelah upaya awal untuk membekukan aset Rusia, Washington dan sekutunya mengumumkan langkah-langkah tambahan minggu ini saat mereka mendekati batas sanksi untuk menghukum Rusia tanpa juga menyebabkan kerugian ekonomi di dalam negeri.



Adeyemo mengatakan larangan investasi baru yang diumumkan pada hari Rabu oleh Presiden Joe Biden melarang orang Amerika untuk berinvestasi di ekuitas dan utang serta dana investasi perusahaan Rusia, memotong industri pertahanan Rusia dan sektor lain dari sumber modal investasi terbesar di dunia.

"Artinya, Rusia akan kehilangan modal yang dibutuhkan untuk membangun ekonominya, tetapi juga untuk berinvestasi dalam mesin perangnya," kata Adeyemo.

Ditanya apakah itu akan melarang perusahaan yang sudah berada di Rusia untuk mendanai lebih lanjut operasi tersebut, dia mengatakan Departemen Keuangan sedang berkonsultasi dengan sektor swasta.

Pejabat Kremlin, yang menggambarkan tindakan Rusia di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" bersikeras bahwa sanksi Barat tidak akan berpengaruh pada tujuan mereka dan akan memperkuat dukungan Rusia.

Adeyemo mengatakan Amerika Serikat dan sekutu Eropa-nya akan menargetkan rantai pasokan militer Rusia untuk menolak akses ke komponen kunci—hal-hal yang penting untuk membangun tank mereka, untuk memasok rudal dan memastikan bahwa mereka memiliki lebih sedikit sumber daya untuk berperang di Ukraina, juga untuk memproyeksikan kekuatan di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)