China Desak AS Cabut Sanksi Rusia untuk Selesaikan Konflik di Ukraina

Rabu, 06 April 2022 - 20:59 WIB
loading...
China Desak AS Cabut Sanksi Rusia untuk Selesaikan Konflik di Ukraina
Ilustrasi
A A A
BEIJING - China telah meminta Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi terhadap Rusia . Beijing mengklaim cara itu akan membantu menyelesaikan invasi Moskow ke Ukraina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan, AS harus berhenti mengancam Moskow dengan sanksi jika mereka ingin melihat kemajuan dalam pembicaraan damai Rusia-Ukraina.



"Jika Amerika Serikat benar-benar tertarik untuk menyelesaikan krisis Ukraina, mereka harus berhenti mengacungkan kartu sanksi," kata Zhao pada briefing Rabu (6/4/2022), seperti dikutip dari The Moscow Times.

Zhao sebelumnya mengkritik keputusan Barat untuk menjatuhkan sanksi pada Rusia, dengan menyatakan bahwa China “selalu menentang sanksi sepihak.” Juru bicara lain dari Kementerian Luar Negeri China menuduh AS “menguntungkan dari kekacauan” dari perang yang sedang berlangsung.

Gedung Putih mengumumkan pada hari Rabu, bahwa Washington, G7 dan Uni Eropa sedang menyiapkan putaran sanksi lain yang menargetkan bank dan pejabat Rusia. Mereka juga akan melarang investasi baru di Rusia.

Langkah tersebut merupakan tanggapan terhadap penembakan terus-menerus di kota Mariupol dan Kharkhiv, serta pembunuhan warga sipil di kota Bucha yang sebelumnya diduduki Rusia—tindakan yang oleh pasukan Rusia disebut sebagai kejahatan perang oleh Kiev dan sekutunya.



Meskipun ada seruan dari pejabat Ukraina, China telah berulang kali menolak untuk mengutuk serangan Rusia terhadap tetangganya yang pro-Barat, alih-alih berusaha mempertahankan hubungan perdagangan dan menjamu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pekan lalu.

Namun dalam komentarnya pada hari Rabu, Zhao menyebut laporan kematian warga sipil di Bucha "sangat mengganggu."

Beberapa hari terakhir, dunia dikejutkan dengan gambar-gambar yang memperlihatkan sejumlah mayat warga sipil di kota Bucha, dekat Kiev. Pihak Ukraina menuduh pasukan Rusia lah yang menewaskan puluhan warga sipil itu, tuduhan yang dibantah keras Moskow.

Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa tuduhan Barat pasukan Rusia melakukan kejahatan perang dengan mengeksekusi warga sipil di Bucha adalah "pemalsuan mengerikan" yang bertujuan untuk merendahkan tentara Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)