Stoltenberg: NATO Akan Menargetkan China

Rabu, 06 April 2022 - 05:36 WIB
loading...
Stoltenberg: NATO Akan Menargetkan China
NATO berencana untuk memperdalam kerja samanya dengan mitra di Asia sebagai tanggapan atas meningkatnya tantangan keamanan yang datang dari China. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - NATO berencana untuk memperdalam kerja samanya dengan mitra di Asia sebagai tanggapan atas meningkatnya "tantangan keamanan" yang datang dari China , yang menolak untuk mengutuk operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina .

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal blok pimpinan Amerika Serikat (AS) Jens Stoltenberg mengungkapkan selama konferensi pers.

Dia mengumumkan bahwa blok tersebut akan menjadi tuan rumah menteri luar negeri dari negara-negara anggota serta Finlandia, Swedia, Georgia, dan Uni Eropa.



Namun, pejabat kelahiran Norwegia itu juga mencatat bahwa mitra Asia Pasifiknya seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan telah diundang juga, menyatakan bahwa krisis keamanan saat ini memiliki “implikasi global.”

Para menteri akan membahas konsep strategis baru yang akan menjelaskan konflik militer di Ukraina, tetapi juga akan mencakup untuk pertama kalinya masalah pengaruh China yang semakin besar dan kebijakan koersif di panggung global yang menimbulkan tantangan sistemik bagi keamanan dan demokrasi.

“Kami melihat bahwa China tidak mau mengutuk agresi Rusia dan telah bergabung dengan Moskow dalam mempertanyakan hak negara-negara untuk memilih jalan mereka sendiri,” kata Stoltenberg, mendesak bahwa demokrasi harus membela nilai-nilai mereka melawan “kekuatan otoriter,” seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (6/4/2022).



Menurut Freedom House yang didanai pemerintah AS, lima dari tiga puluh anggota NATO tidak dianggap sebagai negara demokrasi penuh. Kelimanya adalah Turki, Hongaria, Albania, Makedonia Utara & Montenegro.

Dia menyatakan harapan bahwa blok tersebut akan dapat memperdalam kerja samanya dengan mitra Asia-Pasifik di berbagai bidang seperti “kontrol senjata, siber, hibrida, dan teknologi.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)