4 Negara Paling Tercemar di Dunia, Semuanya di Asia

Rabu, 06 April 2022 - 15:55 WIB
loading...
4 Negara Paling Tercemar di Dunia, Semuanya di Asia
4 Negara Paling Tercemar di Dunia, Semuanya di Asia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara paling tercemar di dunia. Oleh karena itu, Tingkat polusi suatu negara merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan. Dilansir dari worldpopulationreview.com berikut ulasannya.

1. Bangladesh
Bangladesh adalah negara paling tercemar di dunia, dengan konsentrasi PM2.5 rata-rata 77,10, yang bagaimanapun juga merupakan penurunan dari 83,30 pada 2019 dan 97,10 pada 2018. Polutan lingkungan utama negara itu adalah polusi udara dan air, kontaminasi air tanah, dan limbah padat. Kota Dhaka adalah salah satu kota paling tercemar di dunia.

Dalam hal polusi udara, sumber terbesar Bangladesh adalah industri pembuatan batu bata, yang mempekerjakan satu juta orang dan menciptakan 23 miliar batu bata setiap tahun. Tempat pembakaran yang digunakan dalam pembuatan batu bata membakar kayu atau batu bara dan menghasilkan asap dan debu dalam jumlah besar. Karena meningkatnya permintaan batu bata, industri pembuatan batu bata diperkirakan akan tumbuh lebih banyak, yang menyebabkan lebih banyak polusi udara.



2. Pakistan
Negara paling tercemar di dunia urutan kedua adalah Pakistan, yang memiliki konsentrasi PM2.5 rata-rata 59,00. Tingkat AQI di Punjab secara konsisten berada di antara peringkat "hampir tidak sehat" atau "sangat tidak sehat" untuk sebagian besar tahun 2019 dan bahkan mencapai setinggi 484.

Pakistan mengalami peningkatan polusi dari meningkatnya jumlah kendaraan di jalan, kerugian besar-besaran dari pohon, asap dari pembakaran batu bata dan pabrik baja, dan pembakaran sampah. Menteri perubahan iklim Pakistan menyalahkan India atas kabut asap Pakistan; namun, warga Pakistan menyalahkan pemerintah mereka karena tidak berbuat cukup untuk memantau atau memerangi krisis.

Baca Juga: Lima Negara dengan Tingkat Polusi Terparah di Dunia
3. India
India juga merupakan negara paling tercemar di dunia, dengan konsentrasi PM2.5 rata-rata 51,90. Dari 30 kota paling tercemar di dunia, 21 di antaranya berada di India. Kota paling tercemar di India dan dunia adalah Kanpur, di mana perguruan tinggi kedokteran kota itu menerima sekitar 600 pasien penyakit pernapasan per bulan. Tingkat polusi tidak sehat di India berasal dari sumber seperti kendaraan, pembakaran batu bara dan kayu, badai debu, dan kebakaran hutan.

Delhi, wilayah ibu kota India, terkenal dengan beberapa udara terburuk di India, memaksa pembatalan penerbangan, menyebabkan kecelakaan lalu lintas, penutupan sekolah, dan bahkan mengubah dinding marmer putih Taj Mahal menjadi kuning dan hijau. Daerah pedesaan juga sangat terpengaruh oleh polusi di India, karena orang-orang bergantung pada bahan bakar seperti kayu dan kotoran untuk memasak dan memanaskan dan masih mempraktekkan pembakaran tunggul tanaman.



4. Mongolia
Mongolia adalah negara paling tercemar keempat di dunia. Konsentrasi rata-rata PM2.5 Mongolia adalah 46,60. Sumber polusi terbesar di Mongolia adalah pembakaran batu bara dan biomassa lainnya, seperti kayu atau sisa tanaman, dalam tungku.

Di ibu kota Mongolia, Ulan Bator, infeksi saluran pernapasan telah meningkat 270% selama sepuluh tahun terakhir, dan anak-anak yang tinggal di ibu kota memiliki fungsi paru-paru 40% lebih rendah daripada mereka yang tinggal di daerah pedesaan. Sekitar 70-90% ibu hamil yang dirawat di pusat kesehatan keluarga di Mongolia terkena dampak negatif dari polusi udara. Bayi usia dua hari didiagnosis dengan pneumonia atau penyakit pernapasan lainnya.

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/most-polluted-countries
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)