Kekuatan Militer China Bikin Ketar-ketir, AUKUS Bakal Kembangkan Rudal Hipersonik

Rabu, 06 April 2022 - 01:11 WIB
loading...
A A A
Sistem ini telah dipasang ke rudal balistik antarbenua buatan Soviet, bukan hulu ledak tipe lama, dan unit pertama yang dipersenjatai dengan Avangard mulai bertugas pada Desember 2019.

Sementara itu Kinzhal, yang dibawa oleh jet tempur MiG-31, menurut pejabat Rusia memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer dan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara.



Permintaan anggaran Pentagon pada 2023 sudah mencakup USD4,7 miliar untuk penelitian dan pengembangan senjata hipersonik. Ini termasuk perencanaan yang akan memiliki baterai rudal hipersonik yang diterjunkan pada tahun depan, rudal berbasis laut pada tahun 2025 dan rudal jelajah berbasis udara pada tahun 2027.

Presiden Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada bulan September lalu mengumumkan pembentukan AUKUS, aliansi keamanan Indo-Pasifik baru yang akan memungkinkan pembagian kemampuan pertahanan yang lebih besar, termasuk membantu melengkapi Australia dengan kapal selam bertenaga nuklir.

Rencana AUKUS terbaru pertama kali dilaporkan oleh Financial Times.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)