Kremlin: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Harus Dilanjutkan

Minggu, 03 April 2022 - 15:10 WIB
loading...
Kremlin: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Harus Dilanjutkan
Kremlin: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Harus Dilanjutkan. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Pembicaraan Rusia dengan Ukraina yang "bermusuhan" tidak mudah, tetapi yang utama adalah bahwa pembicaraan harus terus berlanjut, lapor kantor berita RIA mengutip juru bicara Kremlin , Dmitry Peskov, Sabtu (2/4/2022).

“Ukraina adalah negara yang sangat sulit, sangat sulit bagi kami. Dalam keadaannya saat ini, itu memusuhi kami,” kata Peskov. Rusia dan Ukraina telah mengadakan beberapa putaran negosiasi, baik di Turki maupun melalui konferensi video.



“Yang utama adalah pembicaraan berlanjut, baik di Istanbul atau di tempat lain,” tambah Peskov, seraya menambahkan bahwa negosiasi itu “tidak mudah”. Menurut Peskov, Rusia ingin melanjutkan pembicaraan di negara tetangga Belarusia, tetapi Kiev menentang gagasan itu.

Peskov mengatakan, Moskow telah meluncurkan invasi untuk "menyelamatkan" dua wilayah timur yang direbut oleh separatis yang didukung Rusia pada tahun 2014. Peskov juga mengatakan, dia percaya bahwa bahasa Rusia akan dikembalikan ke tempat yang seharusnya di negara itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, "operasi khusus" Rusia di Ukraina diperlukan "untuk melindungi orang-orang yang menjadi sasaran intimidasi dan genosida". Yang dimaksud dengan ini adalah mereka yang bahasa pertamanya atau satu-satunya adalah bahasa Rusia.

Sementara itu, Ukraina mengatakan pada Sabtu, bahwa pihaknya telah merebut kembali semua daerah di sekitar Kiev. Ukraina juga mengklaim kendali penuh atas wilayah ibu kota untuk pertama kalinya sejak Rusia melancarkan invasi.



Saat pasukan Rusia berkumpul kembali untuk pertempuran di timur, daerah utara Kiev dipenuhi dengan tank Rusia yang hancur. Penasihat presiden Ukraina Okeksiy Arestovych mengatakan pasukannya telah merebut kembali lebih dari 30 kota dan desa sejak Rusia mundur dari daerah itu minggu ini.

Rusia telah menggambarkan penarikan pasukannya di dekat Kiev sebagai isyarat niat baik dalam pembicaraan damai, yang terakhir diadakan pada hari Jumat. Ukraina dan sekutunya mengatakan Rusia terpaksa mengalihkan fokusnya ke Ukraina timur setelah menderita kerugian besar di dekat Kiev.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, menulis di Facebook bahwa "seluruh wilayah Kyiv dibebaskan dari penjajah." Tidak ada komentar langsung dari Rusia atas klaim tersebut, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)