Kremlin: Menyerang Belarusia Sama dengan Menyerang Rusia

Minggu, 03 April 2022 - 08:54 WIB
loading...
Kremlin: Menyerang Belarusia Sama dengan Menyerang Rusia
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/The Guardian
A A A
MINSK - Dukungan militer Rusia untuk Belarusia adalah mutlak, dan Moskow akan menganggap setiap serangan terhadap Minsk sama dengan serangan terhadap Rusia. Hal itu ditegaskan oleh juru bicara Kremlin, Dmitri Peskov

“Kami dipersatukan oleh kewajiban bersama (dalam pertahanan), pertama, dalam kerangka Negara Kesatuan kami, dan kedua, dalam kerangka CSTO. Tentu saja, setiap serangan terhadap setiap anggota CSTO, terutama terhadap sekutu terdekat kami, pada dasarnya sama dengan serangan terhadap Federasi Rusia," kata Peskov, berbicara kepada televisi Belarusia pada hari Sabtu.

"Oleh karena itu, ada dukungan timbal balik mutlak satu sama lain oleh Rusia dan Belarusia, ini adalah konstanta mutlak dan tidak ada yang boleh mempertanyakan (fakta) ini," tambahnya seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (3/4/2022).



Rusia dan Belarusia adalah sekutu dalam Collective Security Treaty Organization (CSTO), dan terlibat dalam pelatihan bersama yang bertujuan untuk mengintegrasikan struktur militer kedua negara di dalam Negara Kesatuan.



Mengomentari negosiasi damai Rusia dengan Ukraina, dan mengapa pembicaraan dipindahkan dari Belarusia ke Turki, yang merupakan anggota NATO, Peskov mengatakan Kiev sejak awal tidak ingin pembicaraan damai diadakan di Belarus, dan tidak siap untuk melanjutkannya di sana sekarang.

“Agar negosiasi antara dua pihak dapat terjadi, terutama antara pihak-pihak yang memiliki (hubungan) yang kompleks seperti yang dilakukan Rusia dan Ukraina hari ini, perlu ada persetujuan bersama dari semua pihak. Dan, pada kenyataannya, dua putaran pertama pembicaraan yang berlangsung di Belarusia datang dengan kesulitan besar," ujar Peskov.

Lebih jauh Peskov mengungkapkan pihak Ukraina sebenarnya tidak ingin pergi ke sana sampai saat-saat terakhir, mengingat bahwa ketika delegasi Rusia tiba untuk putaran pertama negosiasi, mereka harus menunggu pihak Ukraina selama hampir satu hari dan tidak tahu apakah mereka akan datang atau tidak.

"Kami akan dengan senang hati melanjutkan negosiasi di Belarusia, tetapi Ukraina tidak menginginkan ini. Untuk beberapa alasan, itu tidak nyaman bagi mereka. Tetapi Anda harus mengakui bahwa hal utama adalah menemukan tempat yang memungkinkan untuk bertemu dengan Negosiator Ukraina, dan pembicaraan itu berlanjut, apakah itu di Istanbul atau di tempat lain," tutur Peskov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)