8 Jalur Perdagangan Kuno Peradaban Manusia

Minggu, 21 Juni 2020 - 05:56 WIB
loading...
A A A
Rute Perdagangan Trans-Sahara terbentang dari Afrika Utara ke Afrika Barat. Rute perdagangan ini pertama kali muncul pada abad keempat Masehi. Pada abad ke-11, karavan yang terdiri dari lebih dari 1.000 unta akan membawa barang melintasi Sahara. Emas, budak, garam, dan kain diperdagangkan di sepanjang rute, demikian pula benda-benda seperti bulu burung unta dan senjata Eropa.

Rute perdagangan ini berperan penting dalam penyebaran Islam dari Afrika Utara ke Afrika Barat, dan dengan Islam muncul pengetahuan, pendidikan, dan bahasa Arab. Rute perdagangan Trans-Sahara juga mendorong pengembangan sistem moneter dan pembangunan negara.

8. Jalur Timah (Route Tin)

8 Jalur Perdagangan Kuno Peradaban Manusia


Dari Zaman Perunggu ke Zaman Besi, Rute Timah adalah arteri utama yang menyediakan permukiman awal akses ke bahan penting untuk pembuatan logam: timah. Tembaga harus dicampur dengan timah untuk membuat perunggu, suatu kemajuan yang terjadi di wilayah Timur sekitar 2800 SM.

Salah satu rute timah semacam itu berkembang pada milenium pertama SM. Itu membentang dari tambang timah di Cornwall di ujung barat daya Inggris, di atas laut ke Prancis, dan kemudian ke Yunani dan seterusnya.

Sumber: www.mentalfloss.com
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)