Serang Depot Minyak Arab Saudi, Houthi Panen Kecaman

Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
A A A
Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengutuk serangan itu dan menyebut serangan itu "jelas dimungkinkan oleh Iran" meskipun ada embargo senjata PBB yang sedang berlangsung, menurut Associated Press.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk AS, Putri Reema binti Bandar al-Saud, meminta masyarakat internasional untuk mengambil posisi yang lebih kuat.

“Teroris Houthi yang didukung Iran terus menyerang warga sipil, infrastruktur, dan fasilitas energi kami dengan rudal buatan Iran dan UAV dengan impunitas. Komunitas internasional harus bertindak melawan agresi yang menargetkan warga sipil tak berdosa dan pasokan energi global ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Perwakilan pemerintah dari Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Qatar, Prancis, Jerman, Irak, Bosnia, Mesir, Sudan dan negara-negara lain juga mengutuk serangan itu dalam berbagai pernyataan resmi.



Serangan terhadap fasilitas Aramco mengikuti serangkaian serangan terhadap Arab Saudi pada hari yang sama, yang menyebabkan kebakaran terbatas di pembangkit listrik di kota Samtah di Jazan Arab Saudi dan serangan sembilan drone lainnya yang diluncurkan ke arah selatan, wilayah timur dan tengah Arab Saudi saat fajar pada hari Jumat.

Upaya terakhir berhasil digagalkan oleh pertahanan udara Kerajaan, SPA melaporkan.

Milisi Houthi telah meningkatkan permusuhannya terhadap Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, dengan beberapa upaya melawan negara tetangga UEA.

Terlepas dari risiko terhadap kehidupan sipil, serangan-serangan ini juga mengancam keamanan energi, terutama selama perang yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Seorang pejabat di Kementerian Energi dalam sebuah pernyataan yang dibagikan dengan pers menyatakan bahwa Arab Saudi tidak akan bertanggung jawab atas kekurangan pasokan minyak ke pasar internasional, sementara serangan teroris oleh milisi teroris Houthi yang didukung Iran terhadap fasilitas minyaknya terus berlanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)