Serang Depot Minyak Arab Saudi, Houthi Panen Kecaman

Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
Serang Depot Minyak Arab Saudi, Houthi Panen Kecaman
Dunia mengutuk serangan Houthi terhadap depot minyak Arab Saudi. Foto/Al Arabiya
A A A
RIYADH - Menyusul serangan Houthi terhadap fasilitas minyak Aramco Arab Saudi , para pemimpin dunia dan organisasi internasional menunjukkan solidaritasnya kepada kerajaan Teluk dalam mengutuk kelompok teroris yang berbasis di Yaman.

Per pembaruan terbaru, juru bicara Koalisi Arab Turki al-Malki mengatakan kebakaran yang merusak dua tangki telah dikendalikan dan tidak menyebabkan cedera.

“Eskalasi permusuhan ini menargetkan fasilitas minyak dan bertujuan untuk merusak keamanan energi dan tulang punggung ekonomi global,” kata al-Malki, menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (26/3/2022).



Perdana Menteri Inggris Boris Johnson adalah salah satu dari banyak pemimpin dunia berpengaruh yang mengutuk serangan itu dengan segera.

"Serangan ini membahayakan nyawa warga sipil dan harus dihentikan," katanya dalam sebuah postingan media sosial.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengambil sikap tegas terhadap Houthi.

“Menjelang bulan suci Ramadhan, Houthi melanjutkan perilaku destruktif mereka. Yaman membutuhkan pihak-pihak untuk menghentikan permusuhan, dan membutuhkan bantuan,” kata Blinken, juga dalam sebuah posting media sosial.

“Kami akan terus bekerja dengan mitra Saudi kami untuk memperkuat pertahanan mereka sambil juga berusaha memajukan penyelesaian konflik yang tahan lama, meningkatkan kehidupan, dan menciptakan ruang bagi warga Yaman untuk menentukan masa depan mereka sendiri secara kolektif,” bunyi pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS yang dibagikan kepada media.

Baca juga: Houthi Yaman Akui Luncurkan Serangan Rudal Dahsyat ke Depot Minyak Jeddah Arab Saudi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3514 seconds (11.97#12.26)