Tatanan Global Dibangun Ulang, China dan Rusia Rangkul Taliban

Sabtu, 26 Maret 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Mengomentari proses internasional yang sedang berlangsung, Sawhney menunjukkan operasi militer Rusia di Ukraina dan sanksi Barat berikutnya terhadap Moskow memiliki implikasi bagi tatanan global, termasuk Afghanistan.

“Tatanan global sedang dibangun kembali. Dalam rangka itu, Inisiatif Sabuk dan Jalan (Jalur Sutra Baru) sangat penting bagi China,” ungkap Sawhney.

Dia lebih lanjut menunjukkan bahwa memperluas Jalur Sutra Baru, atau Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), utara ke Afghanistan hanya akan memperkuat "visi" dari "arsitektur Asia-Pasifik" yang dipimpin Beijing.

“Visi ini sangat berbeda dari arsitektur yang dipimpin AS seperti Quad, atau pengelompokan lain yang dimaksudkan untuk mendukung Strategi Indo-Pasifik Washington,” ujar dia.

Didukung oleh Beijing, Jalur Sutra Baru atau One Belt One Road (OBOR) adalah serangkaian proyek konektivitas dan infrastruktur yang ada dan bertujuan menyatukan ekonomi Asia, Afrika, Eropa, dan kawasan lainnya.

Studi pada 2019 mengklaim inisiatif itu dapat meningkatkan ekonomi global sebesar USD7 triliun per tahun pada 2040, dengan lebih dari 56 negara akan diuntungkan.

Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) adalah proyek unggulan dengan inisiatif China.

CPEC dimulai di provinsi Xinjiang China dan meluas ke pelabuhan Gwadar di pantai Laut Arab Pakistan. PM Khan mengatakan CPEC sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi negaranya.

China Memuji Taliban

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengadakan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar, Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi dan Menteri Dalam Negeri Siraj Haqqani selama kunjungan Kamis ke Kabul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)