Ukraina: 300 Orang Dikhawatirkan Tewas dalam Serangan Rusia di Teater Mariupol

Jum'at, 25 Maret 2022 - 20:33 WIB
loading...
Ukraina: 300 Orang Dikhawatirkan Tewas dalam Serangan Rusia di Teater Mariupol
Ukraina menyatakan sekitar 300 orang dikhawatirkan tewas dalam serangan Rusia di gedung teater Mariupol. Foto/REUTERS
A A A
MARIUPOL - Para pejabat Ukraina di kota Mariupol mengatakan pada Jumat (25/3/2022) sekitar 300 orang dikhawatirkan tewas dalam serangan Rusia di gedung teater pekan lalu.

Gedung itu sebelumnya menjadi tempat warga sipil berlindung sejak invasi dimulai 24 Februari.

"Dari saksi mata, muncul informasi bahwa sekitar 300 orang tewas di Drama Theater of Mariupol menyusul serangan pesawat Rusia," tulis Balai Kota Mariupol di Telegram, seperti dikutip AFP.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pekan lalu setelah serangan bahwa ratusan orang, sebagian besar diyakini wanita dan anak-anak, telah mengambil alih gedung pada saat serangan.

Baca juga: Dunia Fokus Perang Rusia-Ukraina, Australia Diserukan Invasi Kepulauan Solomon

Balai Kota Mariupol mengatakan pada Jumat bahwa gedung teater itu dihancurkan dalam serangan "sinis" dan mengeklaim bahwa Rusia tahu warga sipil berlindung di gedung itu.

Zelensky mengatakan hampir 100.000 orang terjebak tanpa makanan, air atau listrik di kota yang terkepung dan mengalami penembakan sengit oleh pasukan Rusia.

Sebelumnya, pada Kamis, pemimpin Chechnya Rusia mengatakan bahwa pasukan dari wilayahnya telah menguasai balai kota Mariupol dan mengibarkan bendera Rusia.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1601 seconds (10.177#12.26)