Putin Mulai Balas Dendam dengan Gas, 48 Negara Tak Bersahabat Ini Targetnya

Kamis, 24 Maret 2022 - 08:55 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan Rusia akan mulai menjual gas ke negara-negara "tidak tak bersahabat" dalam rubel, setelah pembekuan aset Rusia oleh negara asing telah menghancurkan kepercayaan Moskow.

Ketergantungan negara-negara Eropa pada gas dan ekspor Rusia lainnya telah menjadi sorotan sejak invasi Moskow ke Ukraina.

“Rusia akan terus, tentu saja, untuk memasok gas alam sesuai dengan volume dan harga...tetap dalam kontrak yang disepakati sebelumnya,” kata Putin pada pertemuan yang disiarkan televisi dengan para menteri tinggi pemerintah.

"Perubahan hanya akan memengaruhi mata uang pembayaran, yang akan diubah menjadi rubel Rusia," katanya lagi, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (24/3/2022).

Putin mengatakan pemerintah dan bank sentral memiliki waktu satu minggu untuk menemukan solusi tentang bagaimana memindahkan operasi ini ke mata uang Rusia dan raksasa gas Gazprom akan diperintahkan untuk membuat perubahan yang sesuai pada kontrak gas.

Pada 27 Januari, penjualan gas alam Gazprom ke Eropa dan negara-negara lain terutama diselesaikan dalam euro, sekitar 58 persen.

“Prosedur pembayaran yang dapat dimengerti dan transparan harus dibuat untuk [semua pembeli asing], termasuk memperoleh rubel Rusia di pasar mata uang domestik kita,” kata Putin.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)