Putin Ungkapkan Cara Pertumpahan Darah di Ukraina Bisa Dihindari

Kamis, 17 Maret 2022 - 04:16 WIB
loading...
Putin Ungkapkan Cara...
Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan cara pertumpahan darah di Ukraina bisa dihindari. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Moskow telah meminta Kiev untuk menarik pasukan dari republik Donbass untuk menghindari pertumpahan darah, tetapi Ukraina menolak. Hal itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pertama kalinya.

“Saya ingin mengatakan ini untuk pertama kalinya: pada awal operasi di Donbass, untuk menghindari pertumpahan darah, kami meminta pihak berwenang Kiev melalui berbagai saluran untuk tidak terlibat dalam permusuhan tetapi hanya menarik pasukan mereka dari Donbass. Mereka tidak mau," kata Putin dalam video call dengan gubernur wilayah Rusia.

“Yah, itu keputusan mereka. Mereka pasti akan menyadari apa yang terjadi dalam kenyataan, di lapangan,” tambah presiden Rusia itu seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (17/3/2022).



Pengungkapan itu muncul tiga minggu setelah Putin memerintahkan militer Rusia memasuki Ukraina untuk mendemiliterisasi dan “mendenazifikasi” pemerintah di Kiev.

Dia menuduh kepemimpinan Ukraina melakukan "genosida" terhadap penduduk berbahasa Rusia di republik Donetsk dan Lugansk - yang telah diakui Rusia sebagai negara merdeka hanya beberapa hari sebelumnya - serta berusaha menjadi anggota NATO, senjata nuklir dan biologi, yang semuanya dia katakan mewakili sebuah ancaman eksistensial terhadap keamanan Rusia.

"Semua opsi diplomatik benar-benar habis, meninggalkan Moskow tanpa pilihan untuk menyelesaikan masalah secara damai yang muncul bukan karena kesalahan kita sendiri," kata Putin.



Menurut presiden Rusia itu, Kiev tidak hanya menolak untuk bernegosiasi dengan republik Donbass, tetapi juga bersiap untuk perang terbuka melawan mereka dan Rusia, dan terus mengebom warga sipil sambil mengirim penyabot dan teroris ke Crimea – semenanjung yang memilih untuk bergabung dengan Rusia setelah kudeta 2014 di Ukraina yang didukung Amerika Serikat (AS).

“Kami tidak punya pilihan lain untuk membela diri, untuk memastikan keamanan Rusia, kecuali untuk melakukan operasi militer khusus,” kata Putin.

“Intervensi akan menjamin keamanan Rusia dan rakyat kami dan tidak akan pernah membiarkan Ukraina untuk menjadi batu loncatan untuk tindakan agresif terhadap negara kita,” ia menambahkan.



Putin mencatat bahwa Rusia tidak bermaksud untuk menduduki Ukraina, dan bahwa pasukannya melakukan segala daya mereka guna menghindari kerugian di antara penduduk sipil di kota-kota Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia menyerang tanpa provokasi. Pada Rabu pagi, ia berbicara kepada Kongres AS melalui tautan video, memohon pengiriman pesawat terbang, rudal, dan senjata lainnya, serta "zona larangan terbang" yang diberlakukan NATO di atas Ukraina.

AS dan sekutunya telah memihak Ukraina dan memberlakukan embargo ekonomi besar-besaran terhadap Rusia, tetapi baik Washington maupun NATO sejauh ini telah menarik garis menghindari konfrontasi militer yang sebenarnya dengan Moskow.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)