Zelensky: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Terdengar Lebih Realistis

Rabu, 16 Maret 2022 - 19:30 WIB
loading...
Zelensky: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Terdengar Lebih Realistis
Zelensky: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Terdengar Lebih Realistis. FOTO/BeITA
A A A
KIEV - Kiev melihat ruang untuk kompromi ketika delegasi Rusia dan Ukraina mempersiapkan putaran baru pembicaraan pada Rabu (16/3/2022). Hal itu diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di saat invasi Rusia memasuki pekan ketiga.

Zelensky mengatakan, pembicaraan damai dengan Rusia mulai terdengar “lebih realistis”. Namun, tetap lebih banyak waktu diperlukan untuk memastikan hasil negosiasi sesuai dengan kepentingan Kiev.



“Pertemuan berlanjut. Dan, saya diberitahu, posisi selama negosiasi sudah terdengar lebih realistis,” kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya. “Tetapi waktu masih diperlukan agar keputusan itu sesuai dengan kepentingan Ukraina,” lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Negosiator dari kedua negara telah bertemu melalui tautan video sejak Senin, dengan delegasi Ukraina mendesak gencatan senjata, penarikan pasukan dan jaminan keamanan. Rusia belum merebut salah satu dari 10 kota terbesar di Ukraina, dan para pejabat di Kiev telah meningkatkan harapan bahwa perang dapat berakhir lebih cepat dari yang diperkirakan, mungkin pada bulan Mei.

Mereka mengatakan, Moskow mungkin akan menerima kegagalannya untuk memaksakan pemerintahan baru dengan paksa dan kehabisan pasukan baru.



Mykhailo Podolyak, seorang penasihat Zelenskyy dan anggota delegasi Ukraina, menggambarkan negosiasi itu sebagai "sangat sulit dan kental". Dalam sebuah posting Twitter setelah pembicaraan hari Selasa, Podolyak mengatakan ada "kontradiksi mendasar" antara kedua belah pihak, tetapi mengatakan "pasti ada ruang untuk kompromi".

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada Rabu, beberapa formulasi untuk perjanjian dengan Ukraina hampir disetujui, dengan status netral untuk Kiev dalam pertimbangan "serius".

Namun, dia mengatakan kepada outlet berita RBC bahwa ada masalah penting lainnya, termasuk penggunaan bahasa Rusia di Ukraina dan kebebasan berbicara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)