Armada Pasifik Rusia dan Angkatan Laut China Gelar Latihan di Laut Jepang

Sabtu, 21 September 2024 - 17:45 WIB
loading...
Armada Pasifik Rusia...
Satu detasemen gabungan kapal perang dari Armada Pasifik (Rusia) dan Angkatan Laut China berangkat ke laut dari Vladivostok, Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Latihan angkatan laut Rusia-China Interaction-2024 telah dimulai di Laut Jepang, menurut pernyataan dari layanan pers Armada Pasifik Rusia pada Sabtu (21/9/2024).

"Satu detasemen gabungan kapal perang dari Armada Pasifik (Rusia) dan Angkatan Laut China berangkat ke laut dari Vladivostok untuk melaksanakan latihan angkatan laut gabungan Rusia-China Beibu/Interaction-2024," ungkap pernyataan armada tersebut.

Layanan pers tersebut mencatat sebelum skuadron kapal perang kedua negara meninggalkan pangkalan, ada upacara pembentukan awak kapal, yang di dalamnya diumumkan dimulainya latihan bilateral tersebut.

Direncanakan dalam waktu sepekan di Laut Jepang, detasemen tersebut akan berlatih memukul mundur serangan musuh tiruan dari udara, air, dan bawah air, serta manuver dan pertahanan bersama saat berlabuh di tempat berlabuh yang tidak terlindungi.

"Dalam latihan manuver tersebut, awak kapal akan melakukan tembakan artileri dan sejumlah latihan tempur dengan senjata antipesawat dan antikapal selam," imbuh Kementerian Pertahanan Rusia.

Dari pihak Rusia, kapal antikapal selam besar Armada Pasifik Admiral Panteleyev dan Admiral Tributs, kapal antikapal selam kecil MPK-82 dan MPK-107, serta kapal rudal kecil Smerch turut ambil bagian dalam latihan tersebut.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China diwakili oleh kapal perusak Xining dan Wuxi, fregat Linyi, dan kapal pasokan terpadu Taihu.

Kapal-kapal China tersebut tiba di Vladivostok pada Rabu. Selama berada di pangkalan utama Armada Pasifik Rusia, para pelaut China mengikuti berbagai acara olahraga dan budaya.

Sementara itu, Rusia membuat daftar 47 negara yang “sikap merusaknya” bertentangan dengan nilai-nilai Rusia, sehingga membuka jalan bagi warga negara mereka untuk mencari suaka di Rusia jika mereka menginginkannya.

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit bulan lalu yang mengizinkan orang asing yang memiliki nilai-nilai tradisional Rusia dan tidak setuju dengan agenda “neoliberal” yang didorong oleh pemerintah mereka sendiri untuk mengajukan permohonan izin tinggal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)