Terbaik di Kelasnya, Tank Canggih Buatan Indonesia-Turki Selesai Produksi Perdana

Rabu, 16 Maret 2022 - 23:47 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah model kerja sama industri pertahanan yang ideal antara Indonesia dan Turki. Kerja sama dilakukan mulai dari tahap desain dan pengembangan hingga produksi bersama, sehingga benar-benar mengakomodir kebutuhan spesifik di Indonesia. Pemerintah Indonesia mendorong untuk mengembangkan model serupa ke jenis persenjataan lainnya guna memenuhi Kebutuhan Pokok Minimum (minimum essential force) TNI," ujar Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, mengomentari peresmian tersebut.

Saat ditanya berapa persen muatan lokal yang terkandung dalam tank ini melalui pesan singkat, Iqbal menjelaskan tank Kaplan didesain dan dikembangkan bersama Indonesia-Turki.

"Jadi kalau dihitung muatannya, akan selalu ada muatan teknologi Indonesia disitu. Selain itu produksi komponen-komponennya juga dibagi. Jadi kalaupun produksi di Turki selalu ada komponen Indonesia dan yang diproduksi Indonesia selalu ada komponen Turki. Ada kesepakatan market share juga. Asia Pasifik pasarnya Indonesia. Jadi pesanan dari manapun melalui siapapun akan selalu ada muatan Indonesia dan Turki," paparnya.



Saat ditanya lebih jauh untuk muatan teknologi Indonesia, Iqbal menjawab: "Sebagian body parts dan ballistic protection Pindad kontribusi."

Untuk diketahui, FNSS adalah salah satu industri kendaraan militer dan lapis baja terbaik di dunia saat ini. Produknya sudah digunakan di sejumlah negara NATO, Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Kerja sama pertahanan dan industri pertahanan Indonesia-Turki mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menteri Pertahanan, Prabowo Subiyanto, sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Turki dalam kurun waktu 2 tahun terakhir guna menjajaki sejumlah kerja sama industri pertahanan, baik untuk pemenuhan kebutuhan matra darat, laut dan udara.

Kedua negara juga telah menyelesaikan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang diharapkan dapat ditandatangani dalam waktu dekat.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)