K2 Black Panther, Tank Gahar Termahal di Dunia

Sabtu, 29 Januari 2022 - 06:31 WIB
loading...
K2 Black Panther, Tank Gahar Termahal di Dunia
Tank termahal di dunia bernama K2 Black Panther. Foto/militarywatchmagazine.com
A A A
SEOUL - Tank termahal di dunia bernama K2 Black Panther dimiliki oleh Korea Selatan (Korsel). Melansir laman The Eurasian Times, tank gahar ini memiliki harga hingga USD8,5 juta (Rp122 miliar) per unit.

Bahkan, K2 Black Panther dicatat Guinness World Records sebagai tank termahal di dunia. Tank ini dikembangkan anak perusahaan Hyundai Motor, Hyundai Rotem.

K2 Black Panther sengaja diluncurkan untuk Angkatan Darat Korea Selatan. Tank K2 menggantikan seri sebelumnya (K1) dan tank M48.



Setara dengan harganya yang fantastis, K2 Black Panther terbilang unggul di medan perang. Teknologi canggih yang dimiliki tank ini adalah suspense hidrolik.



Tidak hanya lihai di darat, tank K2 juga didesain beroperasi di air hingga kedalaman 4,1 meter.

Kecanggihan lainnya yang dimiliki tank K2 Black Panther adalah adanya sistem deteksi dan pelacakan target otomatis, serta fungsi hunter killer.

The Eurasian Times juga menyebut, Korea Selatan terus mengembangkan persenjataannya mengingat hal serupa juga dilakukan Korea Utara.

Proyek pengembangan K2 Black Panther dimulai sekitar tahun 1995. Desain tank ini banyak menggabungkan spesifikasi tank milik NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)