Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang

Sabtu, 26 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang
Tank MBT Altay. Foto/army technology
A A A
ANKARA - Altay adalah generasi ketiga dari Main Battle Tank (MBT) yang dikembangkan untuk tentara Turki. Tank ini merupakan program pengembangan pada prototipe pertama tank tempur utama Turki Altay pada 1943.

Prototipe pertama itu dijelaskan kepada publik sekaligus dilakukan pengujian pada 2011. Di tahun 2016, Turki secara resmi melaporkan akan memproduksi tank ini.

Pada November 2018, perusahaan Turki BMC resmi menerima kontrak untuk memproduksi Altay Main Battle Tank (MBT) buatan lokal untuk tentara Turki.



Perusahaan tersebut akan memproduksi massal MBT Altay dengan total 250 tank. Beberapa perusahaan Turki pun terlibat dalam pembuatan MBT Altay ini, di antaranya Roketsan, Alselsan, Havelsan dan Institut Industri Mesin dan Kimia (MKEK).



Pada Januari 2021 lalu, perusahaan BMC meluncurkan desain baru tank Altay dan memamerkan kehebatannya secara langsung di BMC.



Tank tempur ini berdesain konvensional dangan panjang 7,3 meter, lebar 3,9 meter, dan tinggi 2,6 meter. Altay menggunakan beberapa teknologi yang mirip K2 Black Panther Korea Selatan, namun tentu dengan desain yang berbeda.

Persenjataan utama Altay adalah meriam smoothbore kaliber 120 mm 55 yang bisa dipakai berbagai peluru. Ini adalah versi senapan Rheinmettal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)