Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang

Sabtu, 26 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang
Tank MBT Altay. Foto/army technology
A A A
ANKARA - Altay adalah generasi ketiga dari Main Battle Tank (MBT) yang dikembangkan untuk tentara Turki. Tank ini merupakan program pengembangan pada prototipe pertama tank tempur utama Turki Altay pada 1943.

Prototipe pertama itu dijelaskan kepada publik sekaligus dilakukan pengujian pada 2011. Di tahun 2016, Turki secara resmi melaporkan akan memproduksi tank ini.

Pada November 2018, perusahaan Turki BMC resmi menerima kontrak untuk memproduksi Altay Main Battle Tank (MBT) buatan lokal untuk tentara Turki.

Baca juga: Presiden Ukraina Zelensky Pimpin Perang dari Persembunyian di Kiev

Perusahaan tersebut akan memproduksi massal MBT Altay dengan total 250 tank. Beberapa perusahaan Turki pun terlibat dalam pembuatan MBT Altay ini, di antaranya Roketsan, Alselsan, Havelsan dan Institut Industri Mesin dan Kimia (MKEK).

Baca juga: Kerahkan 200 Helikopter Tempur, Rusia Rebut Lapangan Terbang Dekat Kiev

Pada Januari 2021 lalu, perusahaan BMC meluncurkan desain baru tank Altay dan memamerkan kehebatannya secara langsung di BMC.

Baca juga: Pasang Sistem Rudal di Kiev, Putin: Nazi di Ukraina Beraksi seperti Teroris

Tank tempur ini berdesain konvensional dangan panjang 7,3 meter, lebar 3,9 meter, dan tinggi 2,6 meter. Altay menggunakan beberapa teknologi yang mirip K2 Black Panther Korea Selatan, namun tentu dengan desain yang berbeda.

Persenjataan utama Altay adalah meriam smoothbore kaliber 120 mm 55 yang bisa dipakai berbagai peluru. Ini adalah versi senapan Rheinmettal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1505 seconds (11.210#12.26)