Jika Bantu Rusia, Warga Ukraina Diancam Penjara hingga Seumur Hidup

Rabu, 16 Maret 2022 - 13:37 WIB
loading...
A A A
Biro Investigasi Negara Ukraina mengatakan pekan lalu bahwa 38 kasus pengkhianatan tingkat tinggi dibuka terhadap para pejabat dan petugas polisi yang membelot atau bekerja dengan pasukan Rusia.

Moskow menyerang negara tetangga pada akhir Februari, menyusul kebuntuan tujuh tahun atas kegagalan Ukraina menerapkan ketentuan perjanjian Minsk, dan akhirnya pengakuan Rusia atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.

Protokol yang ditengahi Jerman dan Prancis dirancang untuk mengatur status wilayah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.

Rusia kini menuntut Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Kiev mengatakan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan. Ukraina membantah klaim bahwa pihaknya berencana merebut kembali dua republik di Donbass dengan paksa.

Beberapa putaran pembicaraan telah diadakan, dengan kedua belah pihak menyetujui rute evakuasi dari kota-kota yang diperangi.

Penasihat Presiden Ukraina Zelensky Alexey Arestovich mengatakan pada Senin ada kemungkinan kesepakatan damai dalam beberapa pekan mendatang.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)