Profil Paul Tibbets dan Charles Sweeney, Pilot Pesawat Bom Hiroshima dan Nagasaki

Selasa, 15 Maret 2022 - 20:59 WIB
loading...
A A A
Pada akhir Mei 1945, 509th dipindahkan ke Pulau Tinian di Pasifik Selatan untuk menunggu perintah akhir. Pada tanggal 5 Agustus 1945 Tibbets secara resmi menamai B-29 Enola Gay. Pada 02:45 keesokan harinya, Tibbets dan awak pesawatnya di atas Enola Gay berangkat dari North Field menuju Hiroshima. Pukul 08:15 waktu setempat, mereka menjatuhkan bom atom dengan kode nama "Little Boy" di atas Hiroshima.

Tibbets dianugerahi Distinguished Service Cross oleh Mayor Jenderal Carl Spaatz segera setelah mendarat di Tinian. Ketika berita tentang misi yang berhasil muncul di surat kabar Amerika keesokan harinya, Tibbets dan keluarganya menjadi selebriti instan. Bagi para pendukungnya, Tibbets dikenal sebagai pahlawan nasional yang mengakhiri perang dengan Jepang; bagi para pengkritiknya, dia adalah penjahat perang yang bertanggung jawab atas kematian ribuan warga sipil Jepang. Tibbets tetap menjadi sosok yang terpolarisasi hingga hari ini. Dengan berakhirnya perang pada tahun 1945, organisasi Tibbets dipindahkan ke tempat yang sekarang disebut Pangkalan Angkatan Udara Walker, Roswell, NM, dan tetap di sana sampai Agustus 1946. Selama periode inilah Operasi Crossroads berlangsung, dengan Tibbets berpartisipasi sebagai penasihat teknis untuk komandan Angkatan Udara. Ia kemudian ditugaskan ke Sekolah Staf dan Komando Udara di Pangkalan Angkatan Udara Maxwell, Ala., dan lulus pada tahun 1947. Tugas berikutnya adalah di Direktorat Persyaratan, Markas Besar Angkatan Udara AS, di mana ia kemudian menjabat sebagai direktur Angkatan Udara AS. Divisi Udara Strategis. Tibbets pensiun dari Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1966. Dia meninggal pada tahun 2007.

2.Profil Charles Sweeney

Dilansir dari situs resmi Angkatan Udara Amerika Serikat, Mayor Jenderal Charles W. Sweeney lahir pada tahun 1919. Ia lulus dari North Quincy High School pada tahun 1937. Setelah lulus dari sekolah menengah, ia mengikuti kelas malam di Universitas Boston dan juga di Purdue Universitas. Charles Sweeney bergabung dengan Army Air Corps sebagai kadet penerbangan pada 28 April 1941, menerima komisinya sebagai pilot di Army Air Corps pada Desember 1941. Letnan Sweeney kemudian menghabiskan dua tahun di Jefferson Proving Grounds, Ind. 1943, Charles Sweeney, sekarang seorang kapten, pindah ke Eglin Field, Florida, di mana ia menjabat sebagai petugas operasi dan juga pilot uji. Pada tahun 1944 ia dipromosikan ke pangkat mayor di Angkatan Darat Amerika Serikat. Saat ini dia bertindak sebagai instruktur pilot B-29 di Grand Island, Neb. Kemudian pada tahun yang sama, Mayor Sweeney ditugaskan kembali ke Wendover Field, Utah, dan di sinilah dia mulai bekerja di proyek "Silver Plate". , nama kode program pelatihan pilot dan kru untuk misi atom Perang Dunia II yang akan datang.

Pada tanggal 4 Mei 1945 (pada usia 25 tahun dan dengan pangkat mayor) Charles Sweeney menjadi komandan Skuadron Pengeboman ke-393, sebuah unit B-29, yang tujuh minggu kemudian terbang ke pangkalan di Tinian di Kepulauan Mariana. Selama Agustus 1945 Mayor Sweeney menerbangkan misi pembuatan sejarah dan menjatuhkan bom yang mengakhiri Perang Dunia II. Pada November 1945, Mayor Sweeney dan Skuadron Pengeboman ke-393 pulang ke Pangkalan Angkatan Udara Roswell, N.M. Misinya di Roswell adalah melatih awak pesawat untuk misi atom ketiga -- eksperimen masa damai di Bikini. Hanya beberapa bulan kemudian pada 28 Juni 1946, ia diberhentikan dari tugas aktif dengan pangkat letnan kolonel.



Kolonel Sweeney, pada 21 Februari 1956, diangkat menjadi komandan sayap oleh Gubernur Christian A. Herter. Juga pada tahun 1956, unit ini kembali ditunjuk sebagai Sayap Pertahanan Udara ke-102, dan pada tanggal 6 April 1956, Kolonel Sweeney menerima promosi pangkatnya menjadi brigadir jenderal. Pada tahun 1958 sayap tersebut menerima penunjukannya sebagai Sayap Tempur Taktis ke-102. Dia pensiun pada tahun 1976 sebagai mayor jenderal di Air National Guard. Jenderal Sweeney adalah pilot komando dengan lebih dari 5.000 jam terbang militer dan dia adalah pemegang Silver Star, Air Medal, National Defense Medal, American Theater Service Medal, Asiatic-Pacific Service Medal dengan dua bintang perunggu, Medali Kemenangan Perang Dunia II, Medali Pendudukan Jepang, Medali Dinas Pertahanan Nasional, Medali Cadangan Angkatan Bersenjata, Medali Umur Panjang Angkatan Udara dan Medali Dinas Militer Massachusetts.

Jenderal Sweeney adalah orang yang mengemudikan pembom B-29 Superfortress dalam pertempuran militer bom atom kedua di dunia. Ini adalah ledakan nuklir yang membuat para panglima perang bertekuk lutut dan menutup babak aktif terakhir dari perang paling merusak dalam sejarah. Semuanya dimulai pada 6 Agustus 1945, ketika Jenderal Sweeney yang berusia 25 tahun, saat itu seorang mayor, mengemudikan sebuah fotografi dan pengamat B-29 di dekat B-29 "Enola Gay" yang sekarang legendaris (yang diterbangkan oleh teman dekat Jenderal Sweeney, Kolonel Paul W. Tibbetts Jr.). Dalam misi ini, Bom-A pertama menghancurkan Hiroshima. Karena keengganan Jepang untuk menyerah, terlepas dari pukulan yang merusak ini, diputuskan bahwa bom kedua harus dijatuhkan pada 9 Agustus, Mayor Sweeney ditunjuk untuk menjadi pilot pembom atom B-29 kedua, kali ini di Nagasaki.

Pada serangan kedua, Mayor Sweeney tidak hanya mengalami masalah cuaca, tetapi masalah mekanis mencegahnya memompa gas ke mesinnya dari tangki tempat bom khusus. Meskipun insiden malang, misi selesai. Melalui terobosan dalam formasi awan tebal, rudal mematikan meluncur untuk menunjukkan akurasi ke dalam sejarah, menghancurkan 60 persen Nagasaki. Kedua misi bersejarah ini secara efektif mengakhiri perang melawan Jepang, dan bersamaan dengan itu Perang Dunia Kedua.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)