Borrell: Uni Eropa Harus Hindari Perang Dunia III dengan Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022 - 03:56 WIB
loading...
Borrell: Uni Eropa Harus Hindari Perang Dunia III dengan Rusia
Tentara Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina melawan invasi Rusia di Kiev dengan lemparan bom molotov. Uni Eropa diperingatkan untuk menghindari Perang Dunia III dengan Rusia. Foto/REUTERS/Mykola Tymchenko
A A A
BRUSSELS - Perwakilan Tinggi Uni Eropa (UE) untuk Urusan Luar Negeri, Josep Borrell, telah memperingatkan bahwa blok Eropa harus menghindari Perang Dunia III dengan Eropa. Caranya dengan melakukan segalanya untuk menghindari perang langsung yang sedang terjadi di Ukraina .

Berbicara kepada Franceinfo, Borrell mengeklaim bahwa Eropa tidak diragukan lagi akan mengirimkan senjata dan peralatan pertahanan ke Ukraina selama bentrokan militer dengan Rusia masih berlangsung.

"Terlepas dari tawaran tersebut, Uni Eropa harus berhati-hati untuk menghindari perang dengan Rusia karena itu akan memicu Perang Dunia III," katanya.



Kepada media Prancis, diplomat tersebut menuduh militer Rusia membom kota-kota Ukraina secara sistematis.

Dia juga melontarkan ancaman penuntutan di hadapan Pengadilan Kriminal Internasional terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. "Presiden Vladimir Putin harus bertanggung jawab atas tindakan ini," ujarnya yang dilansir Russia Today, Jumat (11/3/2022).

Pernyataan perwakilan Uni Eropa itu muncul setelah blok tersebut memberlakukan babak baru sanksi terhadap Rusia dan Belarusia atas aktivitas militer Moskow di Ukraina. Blok itu memutus bank-bank Belarusia dari jaringan SWIFT, memukul sektor maritim Rusia, dan memberlakukan pembatasan pada 160 anggota Parlemen dan pebisnis Rusia.

Sementara UE telah berusaha untuk menghukum Rusia secara finansial atas konflik di Ukraina, Borrell berhati-hati tentang kemungkinan embargo Eropa terhadap gas dan minyak Rusia, mengeklaim bahwa itu adalah keputusan sulit bagi blok tersebut, karena saat ini mengimpor banyak pasokan energinya dari Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)