Bos Intelijen AS Akui Amerika Bantu Riset Biolab Ukraina, tapi...

Sabtu, 12 Maret 2022 - 00:53 WIB
loading...
A A A
Pada hari Senin, komandan Pasukan Pertahanan Radiologi, Kimia dan Biologi Rusia; Letnan Jenderal Igor Kirillov, mengatakan laboratorium rahasia Ukraina mulai buru-buru menghancurkan dokumen dan bahan yang telah mereka kerjakan di tengah serangan Moskow.

Bahan-bahan yang dihancurkan itu termasuk agen bakteri dan virus yang sangat patogen.
Namun, kata Kirillov, Moskow dapat memperoleh beberapa dokumen yang berkaitan dengan penelitian rahasia tersebut.

Pejabat itu lebih lanjut menguraikan masalah itu pada hari Kamis, menuduh bahwa AS telah terlibat langsung dalam penelitian tersebut.

Menurutnya, laboratorium yang berlokasi di Kiev, Odessa dan Kharkov diduga sedang mengerjakan proyek yang disebut UP-4, yang mengeksplorasi prospek penggunaan burung migran untuk menyebarkan patogen, termasuk virus H5N1 yang sangat menular.

Sekitar 145 spesies burung dipelajari di bawah proyek tersebut, dengan dua di antaranya mendapat perhatian khusus karena rute mereka terutama terletak di wilayah Rusia.

Selama beberapa hari terakhir, beberapa pejabat tinggi AS mengomentari tuduhan Moskow, menghasilkan berbagai tingkat penolakan.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland, misalnya, menegaskan bahwa Washington telah terlibat dalam upaya untuk memastikan bahwa tidak ada "bahan" dari laboratorium biologis yang jatuh ke tangan Rusia.

Dia tidak merinci, bagaimanapun, tentang sifat fasilitas penelitian biologis atau tingkat keterlibatan AS dalam pekerjaan mereka.

Lainnya, termasuk juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price dan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki memilih untuk menolak mentah-mentah tuduhan Rusia.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)