Begini Cara Putin Lindungi Diri dari Pembunuh dan Kudeta di Rusia

Kamis, 10 Maret 2022 - 14:42 WIB
loading...
Begini Cara Putin Lindungi Diri dari Pembunuh dan Kudeta di Rusia
Para bodyguard selalu mengelilingi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melindunginya dari para pembunuh. Foto/REUTERS/Alessandro Garofalo
A A A
MOSKOW - Para bodyguard dengan tas anti-peluru dan pistol bertenaga tinggi, stand-ins yang mirip dan pencicip makanan hanyalah beberapa cara Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan melindungi dirinya dari calon pembunuh dan komplotan kudeta.

Ancaman potensial terhadap Putin (69) menjadi sorotan ketika Senator Amerika Serikat (AS) Lindsey Graham meminta “seseorang di Rusia untuk mengeluarkan orang ini” karena memerintahkan invasi mematikan ke Ukraina. Seruan Graham itu disimpulkan media-media Barat merujuk pada sosok Putin.

Tetapi Putin, mantan agen KGB naik ke tampuk kekuasaan sejak tahun 2000, tampaknya terobsesi dengan keamanan dan kesehatannya—melindungi dirinya dari para pembunuh dan menghindari COVID-19 dengan segala cara, seperti yang ditunjukkan oleh sejauh mana dia pergi untuk menghindari tertular virus.

Foto-foto terbaru menunjukkan dia bertemu dengan para pemimpin dunia dan bahkan penasihatnya sendiri di ujung meja yang sangat panjang untuk menjaga jarak setidaknya 20 kaki di antara mereka, dan dia mengenakan setelan hazmat—lengkap dengan respirator wajah penuh—sebelum mengunjungi rumah sakit Moskow yang merawat pasien virus corona pada April 2020.

Para bodygyuard Putin—yang menyebut diri mereka "Musketeers"—terdiri dari unit khusus dalam Layanan Perlindungan Federal Rusia atau FSO. Mengutip laporan The Economist, Kamis (10/3/2022), akar munculnya Musketeers pada tahun 1881, ketika Czar Alexander III memblokade dirinya dengan para bodyguard setelah pembunuhan ayahnya oleh pelemparan bom revolusioner.



Banyak dari apa yang telah terungkap tentang Layanan Keamanan Presiden yang elite itu berasal dari situs web Russia Beyondyang dijalankan oleh stasiun televisi Novosti, sebuah operasi yang didanai negara yang juga mengawasi jaringan media Russia Today (RT).

Situs web tersebut mengatakan bahwa para bodyguard Putin dipilih karena kualitas yang mencakup "psikologi operasional", stamina fisik dan kemampuan untuk menahan dingin dan tidak berkeringat dalam panas.

Mereka dilaporkan dilengkapi dengan tas kerja khusus yang berfungsi sebagai perisai untuk melindungi Putin dan membawa pistol Vektor SR-1 9 mm buatan Rusia yang sarat dengan peluru penusuk lapis baja.

Sebelum Putin melakukan perjalanan, tim pendahulu memeriksa tujuannya berbulan-bulan sebelumnya, memeriksa untuk melihat bagaimana masyarakat akan merespons dan bahkan jika daerah tersebut dapat dipengaruhi oleh cuaca buruk atau bencana alam.

Di mana pun Putin akan tinggal diperiksa lebih dulu, perangkat pengacau dipasang untuk mencegah ledakan bom jarak jauh dan teknisi melakukan pengawasan elektronik terhadap ponsel dan perangkat lain di daerah tersebut.

Di jalan, Putin berkendara di tengah konvoi van lapis baja berat yang membawa operator khusus militer yang dipersenjatai dengan AK-47, peluncur granat anti-tank, dan rudal anti-pesawat portabel.

Ketika sang presiden melangkah keluar di depan umum, empat cincin keamanan mengelilinginya, dimulai dengan bodyguard pribadinya, bodyguard lain tersembunyi di tengah kerumunan, bodyguard yang membunyikan diri di perimeter dan sniper yang bertengger di atap sekitar.

Pada tahun 2018, seorang bodyguard tercatat melakukan intervensi ketika seniman bela diri campuran terkenal Conor McGregor melingkarkan lengannya di bahu Putin saat mereka berpose untuk kamera di kejuaraan sepak bola Piala Dunia di Moskow.

Sebuah video yang di-posting di YouTube menunjukkan pria itu secara singkat melangkah ke pandangan untuk memperbaiki McGregor dengan tatapan tajam dan memberi isyarat agar dia berhenti, mendorong petarung itu dengan cepat melepaskan lengannya dan dengan malu-malu melipat tangannya.

FSO juga dilaporkan memiliki kewenangan yang luas untuk melakukan operasi dan penyelidikannya, termasuk dengan melakukan penyadapan elektronik, membuka surat, menggeledah rumah, menyita kendaraan dan menahan serta menginterogasi tersangka.

Para bodyguard Putin dilaporkan harus diganti pada usia 35 tahun, tetapi mereka dapat kembali diberi jabatan baru yang kuat sebagai gubernur regional, menteri federal, komandan layanan khusus, dan administrator kepresidenan.

Pada 2016, Russia Beyond mencatat desas-desus lama bahwa FSO kadang-kadang menggunakan “badan kepresidenan ganda” untuk memastikan keamanan Putin atau “Badan Nomor 1".
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)