Ingin Kembali Hidup Normal, Belanda Cabut Semua Pembatasan Corona

Rabu, 16 Februari 2022 - 15:13 WIB
loading...
Ingin Kembali Hidup Normal, Belanda Cabut Semua Pembatasan Corona
Ingin Kembali Hidup Normal, Belanda Cabut Semua Pembatasan Corona. FOTO/Reuters
A A A
DEN HAAG - Belanda menyatakan akan mencabut hampir semua pembatasan terkait efek pandemi virus corona , Selasa (15/2/2022). Dengan kebijakan ini, Belanda menjadi negara Eropa terbaru yang mencoba untuk kembali pada kehidupan normal, meskipun infeksi varian Omicron masih tinggi.

“Bar, restoran, dan klub malam Belanda akan kembali ke jam buka normal, sama seperti sebelum pandemi terjadi. Selain itu, pemerintah juga akan menghapuskan kewajiban memiliki sertifikat kesehatan pada 25 Februari mendatang,” kata Menteri Kesehatan Belanda, Ernst Kuipers dalam konferensi pers.



“Mulai 25 Februari, menjaga jarak 1,5 m dari orang lain dan mengenakan masker akan "tetap masuk akal”, tetapi tidak ada kewajiban. Masker hanya diperlukan di transportasi umum dan di bandara,” katanya, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Periode karantina bagi mereka yang terinfeksi COVID-19 juga akan dipersingkat menjadi lima hari. "Negara akan terbuka lagi," kata Kuipers. Namun dia memperingatkan bahwa sementara ini Belanda tampaknya berada di atas puncak, pandemi itu belum berakhir. "Kita boleh optimis, tapi kita juga harus realistis," katanya.

Klub malam dan bar dapat buka hingga pukul 01:00 mulai Jumat ini, sebelum semua batasan jam buka dibatalkan pada Jumat berikutnya. "Anak muda harus bisa mengepakkan sayapnya. Kami akan kembali ke waktu penutupan normal yang kami miliki sebelum Corona," tambahnya.



“Batasan jumlah tamu yang dapat diterima orang di rumah akan segera berakhir, sementara orang akan disarankan untuk bekerja dari rumah hanya selama setengah minggu,” tambah Kuipers.

Sebelumnya, Belanda memberlakukan beberapa tindakan pembatasan terberat di Eropa pada bulan Desember tahun lalu untuk mengekang lonjakan infeksi Omicron. Namun kini, negara itu telah menghapusnya secara bertahap dalam beberapa pekan terakhir.

Sekarang Belanda akan bergabung dengan negara-negara Eropa lainnya, termasuk Denmark dan Norwegia dalam menerapkan sebagian besar pembatasan. Belanda, dengan populasi 17 juta, mencatat 482.695 tes positif minggu lalu, tetapi angka itu turun 22 persen pada minggu sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)