Tarik Pasukan, Rusia: Barat Telah Dihancurkan Tanpa Tembakan

Selasa, 15 Februari 2022 - 21:35 WIB
loading...
Tarik Pasukan, Rusia: Barat Telah Dihancurkan Tanpa Tembakan
Rusia menarik sejumlah pasukan dari perbatasan Ukraina. Foto/Tangkapan layar
A A A
MOSKOW - Rusia mengumumkan bahwa pasukannya ditarik kembali setelah selesainya latihan di dekat perbatasan dengan Ukraina . Moskow pun mengatakan bahwa prediksi yang mungkin hanya beberapa saat lalu soal invasi besar-besaran telah terbukti salah.

Dalam sebuah pernyataan berapi-api pada Selasa (15/2/2022), juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mencemooh laporan berminggu-minggu dan klaim dari pejabat AS serta Eropa bahwa angkatan bersenjata Moskow hanya beberapa jam lagi untuk meluncurkan serangan terhadap tetangganya.

“15 Februari 2022 akan tercatat dalam sejarah sebagai hari ketika propaganda perang Barat gagal,” tulisnya.



Menurutnya, Barat telah “dipermalukan dan dihancurkan tanpa melepaskan satu tembakan pun,” seperti dilansir dari Russia Today.

Pada saat yang sama, Kementerian Pertahanan Moskow mengumumkan bahwa sejumlah tentara Rusia telah menyelesaikan latihan mereka di Belarusia, dekat perbatasan Ukraina, dan akan memulai proses penarikan.

Komentar Zakharova muncul setelah media bisnis Amerika Serikat (AS) Bloomberg melaporkan pada hari Sabtu, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, bahwa serangan terhadap Ukraina dapat terjadi pada hari Selasa. Media tersebut melaporkan bahwa kemungkinan serangan mungkin termasuk provokasi di wilayah Donbass atau terhadap Kiev.



Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, juga mengatakan kepada CNN pada akhir pekan bahwa "sumber" dan "pengumpulan intelijen" memberikan kesan bahwa "aksi militer besar" dapat "dimulai kapan saja sekarang." Dia mengatakan bahwa ini termasuk minggu depan sebelum akhir pertandingan Olimpiade.

Ketegangan di perbatasan bersama telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan pejabat Barat meningkatkan alarm bahwa pasukan Moskow dapat segera melancarkan invasi. Kremlin telah berulang kali bersikeras bahwa mereka tidak memiliki niat agresif dan menuduh media berbahasa Inggris mengobarkan "histeria" massal.

Di tengah kekhawatiran potensi serangan, Moskow telah mencari jaminan keamanan yang akan membatasi perluasan NATO lebih dekat ke perbatasannya dan menghalangi Ukraina untuk bergabung dengan barisannya. Namun, Sekretaris Jenderal blok itu Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Rusia “tidak memiliki hak veto” atas ambisi Kiev untuk mengamankan keanggotaan.



Pada hari Senin, diplomat top Rusia, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, mengatakan bahwa pihaknya kecewa dengan tanggapan dari NATO dan AS, tetapi masih ada harapan untuk mencapai solusi diplomatik. Berbicara tak lama setelah Zakharova pada hari Selasa, dia mengklaim bahwa laporan Barat tentang invasi yang akan segera terjadi sama dengan “terorisme informasi.”
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)