AS: Rusia Bisa Invasi Ukraina Kapan Saja Termasuk Selama Olimpiade

Sabtu, 12 Februari 2022 - 01:12 WIB
loading...
AS: Rusia Bisa Invasi Ukraina Kapan Saja Termasuk Selama Olimpiade
Amerika Serikat menyatakan Rusia bisa menginvasi Ukraina kapan saja termasuk selama Olimpiade Musim Dingin Beijing. Foto/Maxar Tecnologies/Handout via REUTERS
A A A
MELBOURNE - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan Rusia bisa menginvasi Ukraina kapan saja karena sudah mengirim lebih banyak pasukan ke perbatasan. Menurutnya, invasi bahkan dapat dilancarkan selama Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Dia mengatakan Washington terus menarik staf kedutaannya di Ukraina dan mengulangi seruan Departemen Luar Negeri kepada warga Amerika di Ukraina untuk segera meninggalkan negara itu.

"Sederhananya, kami terus melihat tanda-tanda eskalasi Rusia yang sangat mengganggu, termasuk pasukan baru yang tiba di perbatasan Ukraina," kata Blinken pada konferensi pers di kota Melbourne, Australia, Jumat (11/2/2022), seperti dikutip Reuters.

"Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kami berada di jendela ketika invasi dapat dimulai kapan saja, dan untuk lebih jelasnya, itu termasuk selama Olimpiade," katanya lagi.



Rusia, yang memiliki lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, membantah tuduhan Barat bahwa mereka berencana untuk menyerang tetangganya.

Olimpiade Musim Dingin yang diselenggarakan di Beijing, China, sedang berlangsung dan akan berakhir pada 20 Februari mendatang.

Pada hari pembukaan Olimpiade Musim Dingin pekan lalu, China dan Rusia mendeklarasikan kemitraan "tanpa batas", saling mendukung atas kebuntuan di Ukraina dan Taiwan dengan janji untuk berkolaborasi lebih banyak melawan Barat.

Beijing mendukung tuntutan Rusia bahwa Ukraina tidak boleh diterima sebagai anggota NATO, sementara Moskow menentang segala bentuk kemerdekaan untuk Taiwan.

Blinken mengatakan potensi invasi Rusia ke Ukraina mengancam tatanan berbasis aturan internasional.

Menurutnya, jika tindakan seperti itu dibiarkan begitu saja, itu dapat memiliki konsekuensi di Indo-Pasifik—sebuah petunjuk yang jelas tentang ancaman invasi China ke Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)