Katanya Hebat, Jet Tempur F-35 AS Berkarat di Pelayaran Laut China Selatan

Selasa, 01 Februari 2022 - 09:02 WIB
loading...
A A A
Katanya Hebat, Jet Tempur F-35 AS Berkarat di Pelayaran Laut China Selatan


Enam F-35B lainnya, versi jet lepas landas dan pendaratan vertikal (VTOL), berada di atas USS America, kapal serbu amfibi tidak jauh di Laut Filipina.

Sorotan global terpancar pada pengerahan ini pekan lalu ketika salah satu F-35C menabrak bagian belakang Carl Vinson, melukai tujuh anggota awak sebelum meluncur dari geladak dan mendarat di laut.

Namun, The Drive's The War Zone yang pertama kali memperhatikan tanda coklat yang tampaknya berada di atas semua F-35C di kapal induk itu, di antara lusinan foto yang dipublikasikan di pusat media Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS) Pentagon.

Tapi itu tidak mungkin karat, kan? Lagi pula, F-35 adalah pesawat yang sangat canggih, terbuat dari bahan ringan futuristik yang menyamarkan siluetnya dari layar radar.

Perlu diketahui, masing-masing jet tempur itu berharga USD78 juta, dan umumnya terlihat sangat mahal. Itu tidak akan terbuat dari besi tua biasa, kan?

Rupanya tidak begitu. Menurut Majalah Smithsonian, jenis umum bahan penyerap radar (RAM) adalah cat bola besi, yang mengandung piramida kecil ferit besi karbonil.

Bahan khusus itu mengubah radar yang biasanya jernih kembali menjadi gelombang radar yang kacau balau, hanya sebagian kecil dari gelombang radar yang membuat jalan mereka kembali ke penerima radar.

Setiap pesawat siluman AS telah menggunakannya, termasuk SR-71, B-2, F-117, F-22 dan F-35.

J-20 China kemungkinan juga menggunakannya. Namun, hanya varian B dan C dari F-35 yang pernah mendekati busa asin air laut yang mempercepat oksidasi besi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)