Pertama Sejak 2017, Korut Diduga Luncurkan Rudal Balistik Jarak Jauh

Minggu, 30 Januari 2022 - 11:36 WIB
loading...
A A A
Peluncuran itu dilakukan tiga hari setelah Korut menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut pada hari Kamis lalu. Korut juga melakukan uji terbang sepasang rudal jelajah jarak jauh yang diklaim pada hari Selasa sambil berjanji untuk memperkuat “pencegah perang” nuklirnya dan membangun senjata yang lebih kuat.



Peluncuran itu dilakukan setelah pemimpin Korut Kim Jong-un memimpin pertemuan partai yang berkuasa pada 20 Januari lalu di mana anggota senior partai membuat ancaman terselubung untuk melanjutkan pengujian bahan peledak nuklir dan ICBM, yang ditangguhkan Kim Jong-un pada 2018 saat memulai diplomasi dengan Amerika Serikat (AS).

Korut telah meningkatkan aktivitas uji coba dalam beberapa bulan terakhir, termasuk tujuh putaran peluncuran senjata sejauh ini pada tahun 2022, menunjukkan kekuatan militernya di tengah kesulitan terkait pandemi dan pembekuan berkepanjangan dalam diplomasi nuklir dengan AS.

Para ahli mengatakan Korut dapat menghentikan uji coba setelah dimulainya Olimpiade Musim Dingin Beijing minggu depan untuk menghormati China, sekutu utamanya dan jalur kehidupan ekonomi. Tetapi ada juga harapan bahwa Korut dapat secara signifikan meningkatkan demonstrasi senjata begitu Olimpiade berakhir pada Februari mendatang untuk menarik perhatian pemerintahan Biden, yang lebih fokus menghadapi China dan Rusia atas konfliknya dengan Ukraina.

“Korea Utara hiruk-pikuk meluncurkan rudal sebelum dimulainya Olimpiade Beijing, sebagian besar sebagai upaya modernisasi militer. Pyongyang juga ingin meningkatkan kebanggaan nasional karena bersiap untuk merayakan hari jadi politik dalam konteks perjuangan ekonomi,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

“Ia ingin mengingatkan Washington dan Seoul bahwa mencoba menggulingkannya akan terlalu mahal. Dengan mengancam stabilitas di Asia sementara sumber daya global menipis di tempat lain, Pyongyang menuntut dunia memberikan kompensasi untuk bertindak seperti kekuatan nuklir yang bertanggung jawab," tambah Easley.



Korut membela kegiatan uji cobanya sebagai pelaksanaan hak untuk membela diri dan mengancam tindakan yang lebih keras setelah pemerintahan Biden memberlakukan sanksi baru menyusul dua uji coba rudal hipersonik awal bulan ini.

Kim Jong-un telah berulang kali bersumpah untuk meningkatkan kekuatan nuklirnya sejak pertemuan puncaknya dengan Presiden Donald Trump yang ambruk pada tahun 2019. Saat itu AS menolak tuntutan Korut untuk bantuan sanksi besar dengan imbalan penyerahan sebagian kemampuan nuklirnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)