Apa Itu NATO, Bagaimana Sebuah Negara Bergabung dan Mengapa Putin Peduli

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:45 WIB
loading...
A A A
NATO mengatakan pihaknya bertujuan untuk mempertahankan dan memperdalam kerja sama dengan mitra semacam itu. Negara lain dengan status ini adalah Australia, Finlandia, Georgia, Yordania, dan Swedia.

Apa Peduli Putin?

Putin dan pemerintahnya melihat NATO berkembang menjadi apa yang dianggapnya sebagai lingkup pengaruhnya, yang berkurang setelah Perang Dingin, dan yang ingin dipulihkan oleh Putin.

Estonia, Latvia dan Lithuania, tiga negara pecahan Soviet, sekarang menjadi anggota NATO. Mengutip keamanannya sendiri, Rusia menegaskan bahwa NATO tidak boleh membiarkan negara-negara bekas Soviet lainnya, seperti Ukraina dan Georgia, bergabung.

Rusia juga menolak klaim NATO bahwa itu adalah aliansi pertahanan, menuduh blok itu berusaha menahan Moskow dan menabur ketidakstabilan dengan intervensi di tempat-tempat seperti Timur Tengah dan Balkan.

Rusia membantah berencana untuk menyerang Ukraina tetapi bersikeras bahwa AS dan sekutunya harus memaksa para pemimpin Ukraina untuk menerapkan persyaratan kesepakatan damai 2015.

Apa Kata NATO?

Dua minggu setelah menyatakan bahwa Rusia “tidak memiliki hak veto” tentang apakah Ukraina dapat bergabung, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada 27 Januari menyampaikan tanggapan yang lebih rinci terhadap tuntutan Rusia.

Dia mengatakan NATO siap untuk "mendengarkan kekhawatiran Rusia" dan membahas "bagaimana menegakkan dan memperkuat prinsip-prinsip dasar keamanan Eropa yang telah kita semua tanda tangani".

Namun dia juga menekankan, “ini tentang menghormati bangsa dan hak mereka untuk memilih jalan mereka sendiri”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)